Mamuju (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Barat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat melalui kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic (Mobile IP Clinic).

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulbar Parlindungan, di Mamuju, Minggu, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut menjadi satu rangkaian dengan Legal Expo Pelayanan Publik. 

"Tahun ini Mobile IP Clinic sengaja kami gabungkan dengan Legal Expo agar bentuk layanan yang diberikan Kanwil Kemenkumham Sulbar dapat terintegrasi dengan kegiatan lain," kata Parlindungan.

ia mengatakan peda pelaksanaan Mobile IP Clinic tersebut telah disediakan layanan konsultasi, pencatatan/pendaftaran semua bentuk kekayaan intelektual bagi masyarakat, perguruan tinggi dan instansi pemerintah.

Sementara, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sulbar Rahendro Jati mengatakan pelaksanaan Mobile IP Clinic itu didukung langsung oleh Ditjen Kekayaan Intelektual. 

"Untuk pelaksanaan Mobile IP Clinic di Sulbar, Ditjen Kekayaan Intelektual mengirimkan enam pejabat fungsional pemeriksa untuk mendukung kegiatan di Sulbar. Kehadiran mereka akan memberikan pencerahan secara langsung kepada masyarakat," jelas Rahendro Jati.

Ia menyampaikan bahwa pada pelaksanaan Mobile IP Clinic itu, masyarakat, pemerintah daerah, komunitas serta pelaku usaha dapat secara langsung melakukan konsultasi dan permohonan di tempat.

Juga dapat berkonsultasi dengan pemeriksa secara langsung terkait merek, hak cipta, desain industri, paten, kekayaan intelektual komunal dan indikasi geografis. 

"Selain di Mamuju kegiatan IP Clinic juga akan bergerak ke Majene untuk pendampingan," ujar Rahendro.

Selain konsultasi, dalam rangkaian pelaksanaan Mobile IP Clinic Legal Expo, Kanwil Kemenkumham Sulbar juga melaksanakan sosialisasi kekayaan intelektual, mengadakan perjanjian kerja sama kekayaan intelektual dengan perguruan tinggi di Sulbar.

Kemudian, lomba cerdas hukum kekayaan intelektual yang diikuti siswa-siswi dari sembilan SMA atau yang sederajat serta mengadakan lomba mewarnai untuk anak-anak dengan tema mengenal merek lokal Sulbar sejak dini.

"Sejalan dengan kebijakan pemerintah daerah, panitia legal ekspo juga menyediakan tempat bagi pelaku UMKM di Sulbar untuk menggelar produknya sehingga dikenal oleh pengunjung yang hadir selama pelaksanaan Mobile IP Clinic Legal Expo," kata Rahendro.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024