Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan penanaman pohon mangrove untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulbar, Muhammad Idris, di Mamuju, Rabu, mengatakan, Pemprov Sulbar bersama Polda Sulbar dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Sulbar, melakukan aksi penanaman pohon di Pantai Landi Kecamatan Simboro Kepulauan Kabupaten Mamuju.

Ia mengatakan, penanaman pohon tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke -78 Kemerdekaan Republik Indonesia

Menurut dia, gerakan serentak penanaman pohon tersebut untuk menghijaukan dan melestarikan alam sejak dini.

Selain itu, untuk menumbuhkan semangat masyarakat Sulbar dalam upaya menjaga lingkungan pesisir agar tetap lestari dengan menanam mangrove.

"Penanaman mangrove sebagai komitmen membangun kepedulian lingkungan, melestarikan lingkungan sangat penting untuk kelansungan hidup generasi mendatang," katanya.

Ia menyampaikan, lingkungan menjadi penting untuk keberlangsungan masa depan generasi di Sulbar dan pemerintah saat ini tidak ingin generasi mendatang mendapatkan lingkungan yang rusak.

"Penanaman mangrove ini juga akan menjadi momentum untuk menghijaukan negeri ini, karena lingkungan lestari sangat menentukan keberlangsungan pembangunan di masa mendatang," katanya.

Kapolda Sulbar, Irjen Polisi, Adang Ginanjar, mengatakan, kegiatan menanam pohon ini yang digelar ini merupakan langkah serius menjaga dan melestarikan lingkungan.

"Penanaman pohon mangrove dan mahoni ini yang dilaksanakan pemerintah dan Polda Sulbar juga dilakukan jajaran Polres di seluruh wilayah Sulbar untuk lestarikan penghijauan dan pelestarian sejak dini," katanya.

Baca juga: Polres Pasangkayu Sulbar gelar aksi tanam 1.000 pohon

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024