Makassar (ANTARA) - Pengprov Persatuan Sofbol dan Bisbol Seluruh Indonesia (Perbasasi) Sulawesi Selatan berharap pelaksanaan kejuaraan sofbol Makassar Open 2023 mampu memotivasi para atlet muda dalam meningkatkan kemampuannya.

Ketua Perbasasi Sulsel Muh Ramdhan Pomanto di Makassar, Minggu, mengatakan pihaknya saat ini memang tengah fokus dalam pembinaan atlet usia muda untuk menjadi tulang punggung tim Sulsel diberbagai kejuaraan mendatang.

"Kejuaraan sofbol internasional Makassar Open 2023 merupakan ajang bergengsi yang diikuti para pitcher-pitcher (pemukul bola) kelas dunia. Ini kita harapkan dapat menginspirasi anak-anak kita untuk menjadi atlet potensial," ujarnya pada acara konferensi pers di Makassar.

Wali Kota Makassar ini menjelaskan, Perbasasi Sulsel, KONI dan dinas pendidikan telah bekerja sama untuk lebih mempopulerkan cabang olahraga sofbol ke siswa sekolah.

Untuk itu, Perbasasi Sulsel dan Makassar rutin mengunjungi sekolah-sekolah di Makassar. Ini juga sesuai dengan program prioritas Pemkot Makassar bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Disdik Makassar bernama "one student one sport" atau satu siswa satu cabang olahraga.

"Makanya kami minta anak-anak siswa SMP agar bisa meramaikan dan menyaksikan pertandingan nanti agar semakin termotivasi. Kejuaraan seperti ini kejuaraan dunia sehingga bisa menjadi tontonan menarik khususnya bagi para atlet muda kita," jelasnya.

Terkait tidak terlibatnya tim sofbol Sulsel dalam ajang Makassar Open 2023 tersebut, Danny Pomanto, sapaan akrabnya kembali menegaskan jika Perbasasi Sulsel memang fokus pembinaan usia dini.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024