Barru (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI drg Hj Hasnah Syam mengatakan, BKKBN merupakan mitra strategis Komisi IX dalam mengawal program prioritas nasional yaitu penurunan stunting.
.
"BKKBN merupakan mitra strategis kami, dimana Komisi IX selain tugas penganggaran juga berperan melakukan kegiatan berbasis kemasyarakatan lewat edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bersama mitra BKKBN, salah satunya yang saat ini menjadi program prioritas nasional yaitu penurunan stunting," jelas Hasnah di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Barru, .

Lewat kegiatan ini, Hasnah berharap dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada masyarakat sehingga lebih paham tentang stunting, apa penyebabnya dan upaya mencegahnya.
.
Menurut dia, stunting merupakan kondisi gagal tumbul pada anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi penyakit dalam jangka cukup lama dan berulang, menyebabkan tinggi badan anak lebih pendek dari anak seusianya.

Selain itu, stunting tidak hanya menyebabkan anak gagal tumbuh, tetapi organ-organ tubuh dan otaknya juga tidak berkembang secara maksimal, kondisi ini menyebabkan anak jadi sulit konsentrasi dan belajar, selain itu akan mudah terkena penyakit.
.
"Stunting menjadi ancaman kualitas generasi bangsa di masa mendatang, target pemerintah mewujudkan generasi emas 2045, akan sulit diwujudkan jika angka stunting masih tinggi," katanya.

Karena itu, lanjut dia, seluruh pihak harus bersama berperan menurunkan stunting.
.
Termasuk informasi yang didapatkan hari ini agar disampaikan kepada keluarga dan masyarakat di sekitar, juga menjelaskan stunting dan upaya mencegahnya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024