Makassar (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Hayarna Hakim, menyerahkan bantuan program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Luwu, Selasa.

"Kemarin (11/9) kita sudah ke Desa Pongko, Kecamatan Walenrang Utara menyerahkan bantuan budi daya ikan lele. Hari ini toga lokasi kelompok yaitu budi daya ikan lele di Desa Puty Kecamatan Bua, kemudian Desa Buntu Kamiri untuk ternak kambing serta Kelurahan Padang Sappa ternak kambing dan budidaya rumput laut,” katanya di Luwu, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa pemberian bantuan oleh PKK Luwu masih dilakukan pada Rabu (12/9) 2023.

"Besok kita ke arah selatan untuk menyerahkan bantuan kepada dua kelompok usaha pertanian semangka tanpa biji di Kelurahan Larompong,” katanya.

Sosok pendamping Bupati Luwu Basmin Mattayang ini mengharapkan, bantuan yang diberikan sebagai usaha awal bagi setiap kelompok untuk menambah penghasilan keluarga.

“Pola pemberian bantuan sekarang berbeda, jadi harapannya dirasakan betul manfaatnya. Bukan sekedar diberikan bantuan saja, tapi agar dapat berhasil dan berkesinambungan,” kata Hayarna Hakim.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Luwu Kasmaruddin, menjelaskan bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan setiap kelompok setiap lokus desa.

“Masing-masing lokus terdiri dua kelompok diberi bantuan sesuai kebutuhan yang disepakati baik peternakan, perikanan, maupun pertanian. Selanjutnya akan kita monitoring perkembangan hasil dari setiap usahanya,” katanya.

Adapun bantuan tersebut bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tahun anggaran 2023 yang penyalurannya berkolaborasi dengan Bappelitbangda, DPMD, Dispernak, Dinas Perikanan dan TP-PKK Kabupaten Luwu. Adapun penerima bantuan bersumber dari Data P3KE Bapelitbangda Kabupaten Luwu.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024