Makassar (ANTARA) - Pesilat asal Luwu Timur Algha Saputra, siap memperkuat Provinsi Sulawesi Selatan pada kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat nasional di Jakarta,19 hingga 23 September 2023.

Marsuki, pendamping dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Luwu Timur, mengatakan siswa kelas IX SMPN 1 Kalaena Kabupaten Luwu Timur ini berhak ke Jakarta setelah menjadi juara satu cabang olahraga pencak silat pada O2SN tingkat Provinsi Sulawesi.

“Algha dalam kondisi fit dan siap bertanding, semoga bisa memberikan yang terbaik. Mohon doanya masyarakat Luwu Timur dan masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya,” ujar Marsuki dalam keterangannya yang diterima di Makassar, Rabu.

Putra pasangan bapak Muji Purnomo dan ibu Sulastri tersebut didampingi pelatih Ketut Astika Mahagangga serta di motivasi dan di fasilitasi oleh Kepala Sekolah Nurdahirah.

Algha berlatih dan mempersiapkan diri untuk berprestasi pada ajang yang diikuti oleh seluruh atlet juara pencak silat dari 38 provinsi se Indonesia ini.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 1 Kalaena, Nurdahirah, mengutarakan selaku keluarga besar SMPN 1 Kalaena, semoga Algha menjadi yang terbaik, membawa nama baik UPT SP SMPN 1 Kalaena, terutama untuk Luwu Timur “Bumi Batara Guru’ tercinta, serta Sulawesi Selatan.

“Suatu kebanggaan bagi sekolah kami dimana siswa SMPN 1 Kalaena menjadi wakil Provinsi Sulawesi Selatan dalam ajang ini, semoga menjadi motivasi bagi siswa-siswa lainnya untuk mengikuti jejak Algha,” ujarnya.

O2SN merupakan ajang berjenjang yang dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi “Balai Pengembangan Talenta Indonesia” mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional.

O2SN ini diselenggarakan dengan tujuan memfasilitasi, memotivasi dan juga mengembangkan bakat minat dan prestasi siswa di bidang olahraga. Selain itu, sebagai sarana untuk mencari bibit atlit olahraga untuk ajang nasional dan Internasional.

O2SN diharapkan menjadi motivasi bagi siswa-siswa untuk memacu motivasi dalam berprestasi, selain bidang akademik juga di bidang olahraga.

 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024