Makassar (ANTARA) - Ratusan orang yang dinyatakan lolos berkas administrasi bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tujuh daerah di Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT) setelah sistem server jaringan bermasalah telah pulih di lokasi ujian yakni kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) Makassar. 

"Sekarang sudah bisa (dilaksanakan tes). Tadi belum, karena terlambat prosesnya. Untuk peserta yang ikut ini baru sesi satu," ujar Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU tujuh daerah di Sulsel Syamsu Rijal saat dikonfirmasi, Senin malam. 
 
Ia menjelaskan kendala teknis yang sempat terjadi yakni server jaringan yang akan digunakan ujian CAT bermasalah sehingga tidak bisa diakses oleh peserta.  

"Dari jam sembilan pagi mulai uji coba itu ada masalah. Sudah proses perbaikan, ini kita sudah mau masuk proses mulai tesnya. Tapi pada saat mau pindah misalnya mau masuk ke dalam (tes) itu memang ada yang terkendala, tidak bisa masuk," katanya.  

Tim dari IT UNM dan KPU Sulsel berupaya melakukan perbaikan, sehingga para peserta yang dibagi dua sesi harus menunggu sampai sistem di server benar-benar pulih untuk dilanjutkan tes CAT. 

Seleksi Calon Anggota KPU tujuh daerah tersebut meliputi Kabupaten Enrekang, Pinrang, Sidrap, Luwu, Wajo, Kota Parepare, dan Kota Makassar. 

Sebanyak 440 orang peserta akan memperebutkan total 35 kursi di KPU tujuh daerah itu untuk periode 2023-2028. 

Khusus di Kota Makassar, Ibu Kota Provinsi Sulsel, semula hanya 100 orang yang dinyatakan lolos seleksi berkas untuk mengikuti ujian CAT, namun terdapat kesamaan nilai pada 15 peserta sehingga KPU pusat dilibatkan dalam pengambilan keputusan, dan akhirnya ditetapkan sebanyak 108 orang peserta ujian CAT dari Kota Makassar.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024