Selayar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan menargetkan minimal sebanyak 1.000 pengunjung pada Festival Takabonerate 2023 yang akan digelar pada 26-30 Oktober.

"Festival Takabonerate 2023 yang akan kembali digelar di Kabupaten Kepulauan Selayar ditargetkan dapat meraih seribu pengunjung," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setkab Kepulauan Selayar M Yunan dalam keterangan persnya yang diterima di Makassar, Senin.

Dia mengatakan Festival Takabonerate merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun sejak 2006, dan tahun ini akan dilaksanakan kembali selama 5 hari.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar Muhammad Arsyad mengatakan persiapan pelaksanaan Festival Takobonerate telah dimantapkan untuk meningkatkan minat dan perhatian wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dengan kunjungan wisatawan tersebut, lanjut dia, akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pariwisata.

Hal ini sejalan dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kepulauan Selayar pada tahun 2021 - 2026.

Berkaitan dengan hal tersebut diharapkan dukungan masyarakat dan instansi terkait sehingga Festival Takabonerate yang dilaksanakan setelah pandemi COVID-19 dapat terlaksana sesuai harapan. 

Mengenai kesiapan transportasi dan penginapan, iya mengatakan hal itu telah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya sehingga untuk transportasi dapat dilakukan melalui jalur laut dan udara. 

"Terdapat sejumlah hotel dan home stay yang dapat menampung para wisatawan domestik dan mancanegara," ujarnya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024