Mamuju (ANTARA) - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sulawesi Barat meluncurkan aplikasi litbang elektronik atau e-litbang sebagai upaya memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

"Hari ini kami meluncurkan aplikasi e-litbang agar dapat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat," kata Pelaksana Tugas Kepala Balitbangda Sulbar Muhammad Hamzih, di Mamuju, Rabu.

Aplikasi litbang elektronik, kata Muhammad Hamzih, akan berfungsi bagi instansi maupun kelompok masyarakat untuk memasukkan program yang nantinya akan dikaji oleh tim Balitbangda Sulbar.

"Kalau program yang dimasukkan berkaitan dengan masyarakat maka akan langsung kami kaji," kata Muhammad Hamzih.

Aplikasi litbang elektronik juga lanjut Muhammad Hamzih, juga untuk memudahkan instansi dan masyarakat dalam mengusulkan programnya yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat kemudian akan dikaji, dengan melibatkan elemen masyarakat.

"Jadi, kami berharap usulan-usulan yang masuk melalui aplikasi e-litbang berkaitan atau bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat Sulbar," ujar Muhammad Hamzih.

Termasuk, lanjutnya, jika adanya pokok pikiran DPRD Sulbar yang ingin dikaji, juga dapat diajukan melalui aplikasi e-litbang.

"Kita berharap dengan adanya aplikasi ini semua OPD tidak lagi memasukkan secara manual, tapi bisa langsung melalui aplikasi ini sehingga lebih efisien," kata Muhammad Hamzih.

Penerapan aplikasi litbang elektronik tersebut, tambah Muhammad Hamzih, sejalan dengan program prioritas Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat setempat.

"Ini tentu menindaklanjuti program Penjabat Gubernur agar setiap OPD dapat membuat program untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat," kata Muhammad Hamzih.

Aplikasi litbang elektronik juga, tambahnya, dapat dimanfaatkan dunia pendidikan, khususnya kalangan perguruan tinggi untuk memasukkan program penelitian dan pengkajian, selanjutnya dikaji bersama Balitbangda.

"Pihak kampus juga bisa memasukkan usulan program penelitian untuk dikaji bersama Balitbangda. Semoga ini berjalan lancar dan sesuai harapan bersama," kata Muhammad Hamzih.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024