Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar bersama prajurit Lantamal VI melakukan kegiatan sosial berupa bersih-bersih pantai di Anjungan Pantai Losari.

Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin didampingi Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI, Ari Soedewo menyusuri anjungan Pantai Losari membersihkan sampah dengan diikuti oleh ratusan prajurit dan pegawai di Makassar, Selasa.

"Kegiatan sosial seperti ini sangat bermanfaat dan tentunya dengan adanya inisiatif dari Lantamal VI untuk membersihkan anjungan Pantai Losari dari banyaknya sampah-sampah memang sangat dibutuhkan demi kenyamanan kita bersama," katanya.

Dalam kegiatan bersih-bersih pantai itu, prajurit Lantamal VI mengerahkan beberapa perahu karetnya untuk menyisir pantai karena banyaknya sampah plastik yang mengapung di permukaan laut.

Dengan menggunkan alat pembersih yakni sapu dan alat pel, area pelataran anjungan dan juga di sepanjang pantai di kawasan losari di bersihkan. Sebanyak lima unit perahu karet dikerahkan untuk menjaring sampah-sampah plastik yang banyak mengapung dipantai.

Hasil dari bersih-bersih sampah itu sendiri berhasil mengumpulkan sampah plastik dan lainnya sebanyak delapan truk kontainer sampah yang selanjutnya dibawa ke TPA Antang.

"Kami mengapresiasi langkah yang dilakukan teman  teman dari Lantamal VI. Mudah  mudahan ini menjadi dorongan bagi warga untuk ikut serta menjaga kebersihan pantai kita," ujar Ilham.

Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI, Ari Soedewo yang juga ikut melakukan pembersihan mengatakan upaya bersih-bersih Pantai Losari yang dilakukan untuk mendukung langkah Pemkot Makassar dalam mempertahan Piala Adipura yang direbutnya beberapa waktu lalu.

"Ini juga merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun Armada RI tahun 2013," ujarnya.

Selain aparat TNI, seratusan pedagang lapak yang biasanya berjualan disekitar anjungan Pantai Losari juga terlihat ikut menyiram dan mengepel pelataran karebosi tidak jauh dari bibir pantai.

" Kami sengaja melibatkan para pedagang, agar kesadaran mereka terhadap kebersihan tumbuh dan ikut mengawasi dan menegur warga yang membuang sampah disembarang tempat," ucapnya. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024