Makassar (ANTARA Sulsel) - Politisi dari PDI Perjuangan yang juga Wakil Ketua DPRD Makassar Samsu Niang mengatakan, sosialisasi yang dilakukan calon legislator di lapangan, hendaknya jangan melupakan edukasi calon pemilih.

"Hal ini penting dilakukan para calon legislator yang akan bertarung pada Pimilu Apri 2014, tidak sekadar menyosialisasikan dirinya, kemudian mengabaikan edukasi calon pemilih," kata Samsu di Makassar.

Dia mengatakan, sosialisasi itu menyangkut tata cara pemilihan umum 9 April 2014 nanti. Karena itu, sangat penting dalam mengedukasi masyarakat tentang pelaksanaan Pemilu yang merupakan bagian dari proses demokrasi.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum paham tentang pelaksanaan pemilu. Apalagi tata cara pemungutan suara. Selain mengedukasi, Samsu juga menyerap keluhan masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, masukan maupun keluhkan di kalangan masyarakat akan menjadi pijakan di lingkup partainya untuk berjuang jika terpilih duduk di Senayan.

Adapun beberapa hal yang banyak dikeluhkan masyarakat saat melakukan sosialisasi adalah persoalan infrastruktur jalan dan jembatan, ketersediaan dan harga pupuk, bantuan usaha dan lain-lain.

Karena itu, lanjut dia, sudah sepatutnya caleg yang akan bertarung pada Pemilu 2014 lebih memperhatikan edukasi pemilih, juga faktor kebutuhan masyarakat di lapangan.

Menurut dia, semua itu harus dapat dibaca dan diakomodir dengan baik oleh para caleg. Bukan hanya mengedepankan sosialisasi dirinya dengan membagi-bagikan kalender, sarung atau semacamnya. Nurul H

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024