Ternate (ANTARA) - BKKBN Maluku Utara (Malut) menjalin kerja sama dengan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Ternate dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar  untuk menurunkan angka stunting di provinsi itu.

Kepala BKKBN Malut Nuryamin  di Ternate, Selasa mengatakan pihaknya terus melakukan upaya untuk menurunkan angka stunting dengan berbagai pendekatan ke masyarakat  agar  ibu hamil dan  balita bisa terpenuhi asupan gizi dan protein. 

Oleh sebab itu pihaknya juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan seperti Poltekes Ternate dan Unhas Makassar karena kedua kampus tersebut memiliki lembaga penelitian yang juga bisa menggali upaya penanganan stunting yang lebih efektif.

"Selain itu kedua kampus tersebut juga dapat melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat guna mengedukasi warga soal pencegahan stunting," ujarnya.

Ia memaparkan di Maluku Utara terdapat dua daerah yang tinggi angka stuntingnya yaitu Morotai dan Halmahera Tengah.

"Secara nasional ditargetkan angka stunting turun hingga 14 persen namun kami berharap nol persen sehingga tidak ada lagi anak-anak stunting," kata dia.

Sementara Direktur Poltekkes Ternate  Ridwan Yamko, M.Kes menyampaikan  pihaknya akan menindaklanjuti temuan BKKBN soal stunting lewat kegiatan pengabdian masyarakat.

"Kami melaksanakan kerja sama dengan dengan Departemen Patologi Klinik Unhas yang ditindaklanjuti dalam bentuk kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat di  Tidore kepulauan," katanya. 

Ia berharap  penelitian yang dilakukan soal stunting dapat menjadi basis pengambilan kebijakan oleh pemerintah setempat.

Sejalan dengan itu perwakilan Departemen Ilmu Patologi Klinik FK Universitas Hasanuddin Makassar  Dr Nursin Abd Kadir  mengatakan terkait dengan akan dilaksanakan hari Nusantara pada 13 Desember 2023 di Tidore Kepulauan,  pihaknya melakukan bakti sosial di lima Puskesmas yang tersebar di Kota Tidore dan dua Puskesmas di Kecamatan Oba  untuk  pencegahan  stunting. 

Ke depan pihaknya akan memperkuat kerja sama dalam bentuk pengabdian masyarakat dan  penelitian melaksanakan fungsi  Tri Dharma perguruan tinggi.

Pewarta : Abdul Fatah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024