Makassar (ANTARA) - Timsel Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan, tetapkan sebanyak 21 orang dari 64 peserta dinyatakan lolos seleksi uji kompetensi CAT, psikotes, dan wawancara, serta berhak untuk mengikuti tahap selanjutnya.

Timsel resmi mengumumkan hasil tes CAT, psikotes, dan wawancara untuk calon anggota KPID Sulsel Periode 2023-2026 di Makasssar, Minggu.

Ketua Tim Seleksi KPID Sulsel Suparno, mengatakan calon anggota yang dinyatakan lolos seleksi tersebut telah mengikuti empat tahapan seleksi yang terdiri dari tahap administrasi, CAT, psikotes, dan pendalaman visi misi.

Ia mengatakan, Timsel KPI Sulsel melakukan rekapan antara CAT, psikotes, dan pendalaman visi-misi. Dari ketiga tahapan tersebut lalu kemudian dibuatkan rangking peringkat satu hingga enam belas.

"Sementara lima lainnya merupakan petahana yang ikut mendaftar. Sesuai regulasi PKPI kelima petahana tersebut hanya melalui proses administrasi sebab aturan menyebutkan bahwa petahana atau incumbent langsung melalui tahapan fit and propertest,” tuturnya.

Pihaknya memegang erat pesan dari Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin yang menyatakan calon komisioner adalah mereka yang mampu memahami regulasi dan dunia penyiaran, bukan fokus menjadikan KPID Sulsel sebagai tempat mencari pekerjaan.

Ia menjelaskan, 21 peserta yang dinyatakan lulus selanjutnya akan mengikuti Uji Kepatutan dan Kelayakan yang dilaksanakan oleh Komisi A DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Pihaknya percaya DPRD Sulsel mampu memilih calon komisioner yang dapat menghadapi tantangan dunia penyiaran dan digitalisasi.

“Sebagai Ketua Timsel, saya berharap kepada DPRD Sulawesi Selatan agar memilih tujuh komisioner dari 21 nama tersebut yang benar-benar kapabel dan memahami dunia penyiaran, media, dan regulasi," ujarnya.

Setidaknya mewakili seluruh unsur seperti dunia penyiaran, televisi, radio, akademisi, organisasi dan minoritas. Ini penting sebagai keterwakilan publik yang memiliki kualitas dan kapabel,” lanjutnya.

Pengumuman hasil tes CAT, psikotes, dan wawancara calon anggota KPID Sulsel Periode 2023-2026 dapat dilihat di unggahan instagram @sulselprov atau melalui media cetak dan daring.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024