Makassar (ANTARA) - Tiga unit pelaksana teknis (UPT) Bapenda Sulawesi Selatan meraih penghargaan dari Bank Indonesia karena merealisasikan pendapatan terbanyak melalui aplikasi QRIS atau transaksi nontunai.

Pengumuman dan penyerahan penghargaan kepada ketiga UPT masing-masing Wilayah Makassar I Selatan, UPT Pendapatan Wilayah Gowa, dan UPT Wilayah Palopo itu dilaksanakan di Makassar, Selasa.

Penyerahan penghargaan dilakukan di sela peluncuran kartu kredit pemerintah daerah (KKPD), high level meeting (HLM) tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (TP2DD), serta apresiasi ekonomi dan keuangan digital Sulsel yang diserahkan Kepala Perwakilan BI Sulsel Causa Iman Karana.

Kepala UPT Pendapatan Wilayah Palopo Chandrawali menjelaskan penghargaan ini didasarkan pada jumlah transaksi menggunakan QRIs di Samsat Palopo.

Artinya, dari jumlah keseluruhan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor (PKB-BBNKB) pada Kantor Samsat Palopo persentase pembayaran menggunakan QRIS cukup besar dibandingkan samsat lainnya," ujarnya.

Chandrawali menjelaskan berdasarkan data yang dimiliki oleh Bapenda Sulsel, persentase pembayaran menggunakan QRIS di Samsat Palopo mencapai 2,84 persen. Jika mengacu pada data realisasi pembayaran PKB dan BBNKB yang mencapai Rp 58 miliar, maka jumlah transaksi QRIS di Samsat Palopo sudah mencapai Rp1,6 miliar di tahun 2023 ini.

"Penghargaan yang kami peroleh ini, tentu saja akan menjadi motivasi bagi kami, khususnya untuk terus mensosialisasikan transaksi nontunai dalam pembayaran pajak kendaraan," jelasnya.

Chandrawali menyebut pihaknya sudah sejak lama menyosialisasikan penggunaan QRIS sebagai metode bayar pada Kantor Samsat Palopo.

"Sejak awal dicanangkan, kami bergerak cepat dengan bekerjasama dengan Bank Sulselbar untuk membuat QRIS merchant, bukan hanya untuk di Kantor Samsat, tetapi di semua layanan unggulan yang kami punya," jelasnya.

Selain itu pihaknya juga cukup masif melakukan sosialisasi, baik melalui pemberitaan maupun lewat media sosial. "Semoga kedepan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan digital untuk pembayaran pajak kendaraannya," ujarnya.

Selain itu, sejumlah pemerintah daerah dan lembaga pengelola keuangan juga mendapatkan penghargaan dari ajang yang dibuka oleh Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin ini.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024