Makassar (ANTARA) - Kodam XIV/Hasanuddin bersama jajarannya menggelar karya bakti penanaman pohon di Kampung Nelayan Salodong, Makassar dengan jumlah 650 bibit pohon penghijauan.

Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf Persada Alam di Makassar, Kamis, mengatakan penanaman pohon itu merupakan langkah konkret Kodam XIV/Hasanuddin bersama satuan jajarannya dalam menjaga kelestarian lingkungan.

"Ini adalah langkah konkret Kodam bersama jajaran dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan penghijauan guna mengantisipasi bencana alam dan kondisi sosial akibat perubahan iklim," ujarnya.

Kolonel Persada Alam menuturkan bahwa kegiatan karya bakti ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran satuan TNI AD dan akan dilaksanakan secara bertahap.

Untuk wilayah Makassar penanaman pohon penghijauan sejumlah 650 batang yang terdiri atas 200 pohon mahoni, 200 pohon ketapang, 250 pohon mangga, kemudian ditahap selanjutnya akan dilaksanakan pembersihan pasar serta pembersihan selokan.

Ia berharap dengan kegiatan itu, selain dapat menghijaukan lingkungan, diharapkan bisa membantu menambah penyerapan air di saat curah hujan tinggi.

Banjir yang kerap terjadi selama beberapa tahun terakhir, katanya, juga karena kurangnya penyerapan air di saat curah hujan tinggi.

"Penanaman pohon juga sebagai langkah mitigasi atau eliminasi dalam menghadapi ancaman bencana alam," katanya.

Salah satu warga Kelurahan Untia Makassar Azah Sulaiha (43) mengucap syukur atas program penanaman pohon yang dilakukan Kodam XIV/Hasanuddin sehingga dapat berguna bagi kehidupan masyarakat.

"Masyarakat akan ada perlindungan dari segi oksigen yang sehat kemudian abrasi pantai dari luar sana akan terhalang dengan adanya penanaman pohon serta lingkungan akan indah, karena tertata rapi dengan tanaman yang tumbuh dan itu menjadi sumber oksigen kehidupan kita," kata Azah.

Pada penanaman pohon itu diikuti sebanyak 1.028 orang yang melibatkan tiga matra TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri, BMKG, Dinsos, Damkar, Satpol PP, FKPPI, PIP, pelajar/mahasiswa wilayah Makassar serta masyarakat Kelurahan Untia.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024