Mamuju (ANTARA) - Polda Sulawesi Barat bersama TNI dan instansi terkait di daerah it memperkuat sinergisitas dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Agar pengamanan perayaan Natal dan tahun baru lebih maksimal, diharapkan seluruh personel untuk meningkatkan sinergisitas dengan instansi terkait, di 8antaranya TNI," kata Kapolda Sulbar Irjen Polisi Adang Ginanjar, pada latihan Pra Operasi Lilin Marano 2023, di Mamuju, Senin.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Marannu Mapolda itu, dihadiri para pejabat utama dan seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Lilin Marano 2023.

Kegiatan itu dilaksanakan untuk menyamakan pola pikir dan cara bertindak bagi satuan kerja/satuan kewilayahan yang akan melaksanakan kegiatan pengamanan Natal dan tahun baru sehingga misi untuk mewujudkan situasi tetap kondusif dapat terwujud.

"Kita samakan persepsi untuk mewujudkan perayaan Natal dan tahun baru yang tetap kondusif," ujar Adang Ginanjar.

Kapolda meminta seluruh personel serius mengikuti seluruh rangkaian latihan Pra Operasi Lilin 2023 sehingga akan berdampak pada peningkatan pemahaman dan kemampuan teknis setiap personel dalam memberikan pelayanan dan pengamanan yang lebih maksimal.

"Sehingga ke depan, saat kita dihadapkan pada kondisi riil di lapangan, para personel sudah paham untuk mengambil tindakan yang tepat saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," terang Adang Ginanjar.

Apalagi menurut Adang Ginanjar, situasi yang semakin kompleks saat ini, seperti libur panjang ditambah dengan penyelenggaraan pemilu sehingga seluruh personel dituntut bekerja lebih maksimal.

"Khususnya dalam mengatur arus lalu lintas, aktif melakukan pengecekan rutin saat melakukan pengamanan di gereja dan tempat-tempat vital dan keramaian," ujar Adang Ginanjar.

Sebagai aparat negara, personel Polri tambah Adang Ginanjar, perlu bekerja ekstra dalam menjalankan tugas.

"Sehingga perasaan aman dan nyaman dalam perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat di Provinsi Sulbar," kata Adang Ginanjar.

Pada kegiatan itu, masing-masing Kasatgas menyampaikan paparannya yang menjadi acuan untuk mengambil langkah dan tindakan yang tepat di hari puncak Natal dan tahun baru.

Operasi Lilin Marano 2023 di Provinsi Sulbar sendiri akan dilaksanakan selama 12 hari, terhitung mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024