Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara, Sulawesi Selatan, menyiapkan skenario khusus untuk mendistribusikan logistik pemilu 2024 ke sejumlah lokasi terpencil atau wilayah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) di daerah ini.

Ketua KPU Lutra Hayu Vandy melalui keterangannya di Makassar, Sabtu, menyatakan Luwu Utara menjadi salah satu dari tiga daerah yang memiliki tantangan dalam distribusi logistik, selain Kabupaten Kepulauan Pangkep dan Kepulauan Selayar.

Sehingga memerlukan perlakuan khusus untuk distribusi logistik, utamanya ke Kecamatan Seko dan Kecamatan Rampi sebagai wilayah terpencil di Luwu Utara.

"Biasanya kami distribusi satu pekan sebelum hari H dan itu kita minta izin dari pimpinan," ujar Hayu.

Selain itu, kata dia, KPU Lutra juga meminta perlakuan khusus saat pengiriman logistik pemilu, di antaranya meminta diskresi, yakni kotak suara dirakit di lokasi tujuan.

"Meski pun belum disetujui, tentu masih ada rencana yang kami siapkan. Kami juga terima kasih atas dukungan Pemda Lutra dan Pemprov Sulsel selama ini," kata dia.

Selain itu, menurut dia, tantangan lainnya pada Januari dan Februari berada di musim hujan yang diperlukan mitigasi khusus. Beberapa daerah juga pernah memiliki riwayat terjadi banjir.

Dalam pelaksanaan Pemilu, Bupati Lutra Indah Putri Indriani mengapresiasi kesiapan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, khususnya penyelenggara KPU dan Bawaslu dalam pelaksanaan pemilu presiden dan legislatif, 14 Februari 2024.

"Kami juga berterima kasih untuk dukungan semua pihak terutama teman-teman pengamanan TNI dan Polri dalam memastikan logistik ini tiba dengan selamat, begitu juga terdistribusi dengan baik di daerah pelosok," urainya.

Bupati perempuan pertama di Sulsel itu juga memberikan tes kesehatan gratis bagi calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Kita lihat bersama teman-teman bekerja terus 24 jam, memastikan semuanya berjalan dengan aman dan lancar. Sehingga perlu mengetahui kondisi kesehatannya nanti," katanya.
 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024