Makassar (ANTARA) - Tanri Abeng, Menteri Negara Pendayagunaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertama di Indonesia yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama Perseroda (BUMD) Provinsi Sulsel, bertekad menjadikan Sulsel sebagai BUMD terbaik sekaligus contoh bagi perusahaan daerah yang ada di Indonesia.

"Walaupun belum banyak yang hadir pada acara ini, tapi berita akan direvitalisasinya BUMD Sulsel, mudah-mudahan menjadi model BUMD di seluruh Indonesia," ujar Tanri Abeng, dalam keterangan pers yang diterima di Makassar, Rabu.

Menurut Tanri Abeng, pembangunan negara harus dimulai dari daerah. Apalagi dalam pembangunan itu ada keterlibatan aktor-aktor ekonomi dan pengusaha.

"Saya yakin bahwa pembangunan negara dan bangsa itu harus terjadi di daerah. Dan karena saya meyakini bahwa pembangunan itu bersumber dari pelaku ekonomi," kata Tanri Abeng, pada acara ramah tamah dengan BUMD dan seluruh pengusaha di Sulsel, di Aula Tudang Sipulung, Rujab Gubernur Sulsel.

Sebagai solusi pembangunan, kata Tanri Abeng, harus dibangun dan dikelola dengan baik dulu BUMD di Provinsi Sulsel. Pengelolaan BUMD di Sulsel harus menjadi model bagi daerah lain. 

"Maka kita harus bangun Badan Usaha Milik Daerah di seluruh Indonesia dan kita buat modelnya di Sulawesi Selatan ini," jelasnya. 

Hadir dalam acara tersebut Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, pengusaha dan calon mitra bisnis Perseroda Sulsel baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024