Kupang (ANTARA Sulsel) - Humas PT PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) Paul Bola mengatakan, listrik yang sering padam dalam beberapa hari terakhir ini, karena terputusnya jaringan listrik akibat terkena pohon tumbang.

"Dalam beberapa hari ini hujan dan angin terus melanda Kupang. Bahkan di seluruh NTT. Pohon tumbang di mana-mana dan menimpa jaringan listrik," kata Paul Bola di Kupang, Selasa, terkait listrik yang sering padam dalam beberapa hari terakhir ini.

Dia mengatakan, pemadalam listrik secara tiba-tiba baik pada siang maupun malam hari ini juga dialami para pelanggan PLN di hampir semua kabupaten di NTT, karena umumnya jaringan listrik melewati pohon-pohon besar, yang rentan tumbang saat terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Menurut dia, jika pohon tumbang pada siang hari maka para petugas dapat langsung mengatasinya, tetapi jika terjadi pada malam hari maka perbaikan tidak bisa dilakukan secara cepat, apalagi dalam kondisi hujan deras seperti saat ini.

Karena itu, dia menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat NTT dan mengharapkan adanya partisipasi warga untuk bersama-sama menjaga jaringan listrik agar tetap terawat dan tidak terganggu oleh faktor alam.

Caranya, kata dia, dengan melaporkan ke PLN bila terdapat pohon yang mendekati atau sudah menyentuh jaringan listrik, dan meminta kesediaan warga untuk bisa ditebang, sehingga tidak menyebabkan terjadinya gangguan listrik. Chandra HN

Pewarta : Bernadus Tokan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024