Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas penyaluran 40 ton Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk bantuan pangan pemerintah tahun 2024 tahap pertama di depan Lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kita berterima kasih kepada pemerintah pusat, kebijakan ini tentu membantu masyarakat kita yang kurang mampu," tutur Ramdhan seusai melepas secara simbolis penyaluran CBP tahap pertama di depan lapangan Karebosi, Jalan Ahmad Yani Makassar, Rabu.

Penyaluran bantuan beras tersebut juga disaksikan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib, Dandim 1408/BS Letkol Inf Lizardo Gumay, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Makassar Alamsyah Sahabudin dan Kepala Bulog Cabang Makassar Karmila Hasmin Marunta

Penyaluran bantuan pangan ini akan menyasar 45 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) tersebar di 153 kelurahan, pada 15 kecamatan se-Kota Makassar. Bantuan pangan ini berasal dari beras Bulog.

Danny mengatakan penyaluran cadangan beras pemerintah merupakan komitmen pemerintah khususnya pemerintah pusat bagi masyarakat terkait dengan pemenuhan kebutuhan bahan pokok.

Bantuan pangan beras dari pemerintah pusat ini kata dia menambahkan, akan semakin mempercepat masyarakat untuk mencapai resiliensi (berdaya tahan) yang sudah dibangun Pemkot Makassar melalui Program Lorong Wisata.

"Kita sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat, kebijakan ini tentu membantu masyarakat kita yang kurang mampu," kata Danny Pomanto.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar Alamsyah Sahabudin pada kesempatan itu menyampaikan untuk tahap awal periode Januari 2024 disalurkan sebanyak 40 ton bantuan pangan beras kepada KPM di Kota Makassar.

Mereka yang mendapatkan bantuan pangan beras merupakan KPM yang datanya bersumber dari Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

"Total ada 40 ton beras yang disalurkan kepada kurang lebih 45.900 KPM. Nah ini yang akan kita bagi tahap awal di Januari kepada seluruh masyarakat KPM," sebut Alamsyah.

Sementara itu, Pimpinan Bulog Cabang Makassar Karmila Hasmin Marunta mengemukakan bahwa penyaluran bantuan pangan tersebut ke sejumlah kecamatan untuk tahap pertama dengan diangkut empat mobil truk.

"Penerima manfaat itu 10 kilogram per penerima manfaat. Total untuk Kota Makassar sebenarnya 450 ton lebih. Yang disalurkan ini baru tahap pertama," sebut Karmila seusai pelepasan bantuan pangan.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024