Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan kerja sama dengan Perum Damri Makassar menghadirkan bus untuk melayani trayek Bandara Sultan Hasanuddin-Pelabuhan ASDP Bira.

Wabup Andi Edy Manaf, dalam keterangannya di Makassar, Rabu, menyampaikan terima kasih atas peluncuran beroperasinya angkutan jalan Perum Damri untuk rute bandara ke pelabuhan Bira.

"Bus Damri ini tentunya menjadi sarana pendukung mobilitas pengunjung yang akan berkunjung ke Bira maupun ke Kepulauan Selayar," ujarnya.

Sebagai peresmian trayek yang akan dimulai pada 1 Maret 2024, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Perum Damri dan Pemkab Bulukumba telah menggelar launching trayek yang dilaksanakan di pelataran Pelabuhan ASDP Bira, Selasa.

Ia menjelaskan, kehadiran trayek bus Damri ini semakin memperkuat posisi Kabupaten Bulukumba di kawasan selatan Sulawesi Selatan sebagai daerah transit yang strategis dalam mendukung mobilitas masyarakat maupun kunjungan wisatawan.

Trayek ini, lanjut dia, menjadi alternatif transportasi pengunjung dari luar Sulawesi Selatan sebelum terbangun bandar udara Bira.

"Kita berharap dengan fasilitas trayek Damri ini dapat mendorong peningkatan jumlah kunjungan ke Bulukumba maupun ke Selayar, yang tentu akan memberikan multiplier effect secara ekonomi," jelasnya.

Sementara Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Sulsel Muh Ikhsan, mengatakan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi suatu daerah, khususnya di daerah wilayah selatan Sulsel, harus ditunjang sektor perhubungan melalui pembangunan berbagai infrastruktur, perhubungan laut, darat dan udara.

Hadirnya berbagai macam sarana perhubungan ini, katanya menjadi jawaban kendala minimnya dan mahalnya transportasi masyarakat dalam menunjang aktivitas perekonomian masyarakat selama ini.

"Mudah mudahan dengan launching-nya trayek Damri antar bandara ke Pelabuhan ASDP Bira mendorong peningkatan ekonomi serta bertambahnya kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara," bebernya.

Untuk tarif Bus Damri Bandara Sultan Hasanuddin-Pelabuhan ASDP Bira ini sebesar Rp200 ribu. Pelayanan setiap hari dengan jam berangkat setiap pukul 20.00 WITA baik di bandara maupun di Pelabuhan Bira.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024