Makassar (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Makassar Sulawesi Selatan mendukung penuh program penguatan keimanan yang saat ini dijalankan oleh Pemerintah Kota Makassar.

Ketua FKUB Makassar Prof Arifuddin Ahmad di Makassar Senin mengatakan, program penguatan keimanan sudah sepatutnya didukung penuh, karena program itu bagian dari misi agama.

"Kami dari FKUB sangat mendukung karena itu ialah misi dari agama-agama. Menjaga akhlak moral anak bangsa," katanya.

Arifuddin menjelaskan, beberapa program pemerintah mesti dibuat satu dalam regulasi agar koordinasi antar-SKPD jauh lebih mudah.

Termasuk penguatan program yang berkaitan dengan Penguatan Keimanan Umat dan Jagai Anakta (jaga anak) agar generasi muda tidak terjebak pada perilaku menyimpang seperti LGBT.

Menurut dia, FKUB dan Pemkot Makassar menekankan toleransi sangat penting, tetapi tidak dimaknai dengan kebebasan yang benar-benar melanggar norma dan regulasi.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menekankan pentingnya bertoleransi dan perlindungan anak, perempuan, dan disabilitas.

Wali kota saat menerima kunjungan silaturahim dari FKUB Makassar itu mengatakan, pertemuan yang dilakukan untuk menyempurnakan kembali posisi FKUB secara Indonesia, dan menguatkan kolaborasi dengan Pemkot Makassar.

Misalnya, ada beberapa hal yang ditekankan secara regulasi. Karena toleransi yang ditekankan itu bukan hanya pada umat beragama, tetapi juga menyangkut toleransi solidaritas terhadap anak dan perempuan serta disabilitas.

"Secara terpisah, Pemkot Makassar termasuk yang terbaik di Indonesia dalam hal perlindungan anak dan perempuan, begitu juga dengan disabilitas. Jadi tinggal membangun koordinasi saja yang diikat dengan Perwali," katanya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024