Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, Sulawesi Selatan menggelar rapat koordinasi khusus membahas persiapan menyambut hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Penjabat Bupati Luwu Muh Saleh melalui keterangan yang diterima di Makassar, Rabu, mengatakan persoalan keamanan dan ketertiban turut mendapat perhatian khusus.

Ia dalam rakor itu mengatakan, peningkatan aktivitas masyarakat pada malam hari berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.

"Kegiatan perekonomian masyarakat selama bulan suci ini juga meningkat baik di pasar tradisional, pasar modern, dan jajanan UMKM, sehingga perlu pengawasan dari pemerintah daerah agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi," ujarnya.

Disamping itu inflasi di daerah juga harus dapat terjaga dan terkendali dengan baik, kata dia.

Selain itu, Muh Saleh juga menyambut baik program mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Dirinya berharap program mudik gratis dari Makassar ke Belopa-Palopo bisa membantu warganya yang ingin pulang bertemu keluarganya saat hari raya nanti.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Luwu Kamar dalam laporannya menerangkan sejumlah isu yang dibahas di antaranya terkait kesiapsiagaan menghadapi arus mudik dan arus balik.

Selanjutnya ketersediaan pemenuhan kebutuhan masyarakat, harga bahan pokok, peningkatan kewaspadaan dini terkait cuaca ekstrem, sarana dan prasarana tempat ibadah yang nyaman dan memadai.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024