Makassar (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Sidrap, Polda Sulawesi Selatan, melibatkan anggotanya khususnya polisi wanita (Polwan) untuk rutin melakukan kunjungan pengamanan di beberapa tempat perbelanjaan yang mulai ramai dipadati pengunjung.

Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah di Pangkajene Sidenreng, Rabu, mengatakan kehadiran Polwan di pusat-pusat perbelanjaan bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung dan pedagang.

"Kami ingin masyarakat merasa aman dan nyaman saat berbelanja. Kehadiran kami diharapkan dapat mencegah tindak kejahatan dan memastikan bahwa pusat perbelanjaan merupakan tempat yang aman bagi semua orang," ujarnya.

Kapolres mengatakan dalam pengamanan itu khususnya area dalam pusat perbelanjaan lebih banyak dilakukan oleh Polwan dan selebihnya polisi laki-laki yang melakukan patroli rutin di bagian luar.

Erwin Syah mengatakan kegiatan kunjungan itu merupakan bagian dari upaya peningkatan keamanan dan pelayanan kepada masyarakat di lingkungan pusat perbelanjaan, terutama menjelang ldul Fitri 1445 H dan selama musim liburan serta momen penting lainnya.

"Kehadiran Polwan di pusat-pusat perbelanjaan bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung serta pedagang," katanya.

Selain melakukan patroli keamanan, Polwan juga memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga keamanan pribadi dan barang bawaan saat berada di tempat umum.

Mereka juga berdialog dengan pengelola pusat perbelanjaan untuk membahas langkah-langkah pengamanan yang lebih efektif.

Menurut Erwin, para pengunjung yang datang ke pusat-pusat perbelanjaan merasa senang karena beberapa petugas keamanan khususnya Polwan intensif melakukan patroli dan sosialisasi.

"Saya merasa lebih tenang dan aman berbelanja di sini. Melihat petugas keamanan yang berpatroli membuat saya merasa terlindungi," ujar salah seorang pengunjung.

Kapolres mengatakan kegiatan itu akan terus dilakukan secara berkala dengan harapan dapat menciptakan lingkungan perbelanjaan yang aman dan kondusif.

Polres Sidrap juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan melaporkan segala bentuk kecurigaan atau kejadian yang dapat mengganggu keamanan.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024