Makassar (ANTARA Sulsel) - Wakil Wali Kota Manado Harley Alfredo Benfica Mangindaan, dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan dalam ujian promosi doktor bidang ekonomi di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Rabu.

Harley mempertahankan desertasi berjudul Geotourism holistic: peningkatan daya saing kekayaan sumber daya warisan dan buatan dengan cara mengintegrasikan manajemen destinasi, pembangunan infrastruktur serta fasilitas pendukung dengan memperbaiki kondisi situasional secara holistik.

Saat memaparkan desertasinya, Harley mengatakan ada tiga daerah yang menjadi lokasi penelitiannya yakni Manado, Minahasa Utara dan Bitung yang merupakan wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara.

Dalam kurun waktu setahun ini, katanya, tercatat ada satu miliar orang yang bepergian sebagai wisatawan di seluruh dunia yakni ke Amerika, Eropa, Australia, Afrika serta Asia.

"Termasuk di dalamnya Asia Timur, Selatan hingga Oceania dan di dalamnya termasuk Indonesia yang ternyata hanya dikunjungi 1,8 juta orang ke Indonesia dan hanya 16.700 yang berkunjung ke Sulawesi Utara," katanya.

Walaupun masih lebih tinggi dari Sulawesi Selatan dan Papua, tetapi jumlah wisatawan asing itu terhitung kecil karena itu perlu ada berbagai solusi yang bisa ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut," katanya.

Dalam memaparkan desertasinya pada  ujian terbuka itu, Harley  menjawab dan mempertahankan hasil penelitiannya di hadapan sembilan  guru besar, termasuk satu penguji dari Universitas Sam Ratulangi yakni Profesor Dokter Lotje Kawet.

Harley juga harus mempertahankan desertasinya dari penyanggah Prof. DR Muhammad Ali, bahwa penelitian yang dilakukannya itu baru pertama kali dilakukan.    

Ia berharap hasil desertasinya tersebut dapat bermanfaat bagi pengembangan dunia pariwisata di Indonesia khususnya Sulawesi Utara sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata di daerah tersebut.

Kesembilan penguji menyatakan Harley Alfredo Benfica Mengindaan lulus dengan nilai memuaskan, dan berhak menyandang gelar doktor dalam bidang ekonomi.

Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024