Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melakukan penanaman 15.000 bibit pohon secara serentak di sejumlah lokasi dalam memperingati Hari Bumi, 22 April 2024, di daerah itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai Sofwan Sabirin di Sinjai, Senin, menyampaikan penanaman pohon sebagai rangkaian peringatan Hari Bumi 2024 di daerah setempat dengan tema "Menanam Pohon, Selamatkan Bumi".

Penanaman pohon itu melibatkan semua pihak baik, antara lain Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelola Hutan (UPTD KPH) Tangka, akademisi, aktivis lingkungan, masyarakat, dan swasta.

Ia menjelaskan sebelum penanaman pohon telah dilakukan sedekah pohon dan penanaman pohon secara simbolis oleh Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa bersama perwakilan forkopimda setempat.

Pada penanaman pohon itu, pihaknya menekankan pentingnya membangun sinergi dengan seluruh komponen masyarakat yang meliputi pemerintah daerah, akademisi, aktivis lingkungan, komunitas, dunia usaha, asosiasi profesional, dan individu dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

"Pada peringatan Hari Bumi ini, kita tanam 15.000 bibit pohon dengan beberapa jenis bibit, di antaranya ketapang kencana, pala, durian, dan pohon hias pucuk merah," katanya.

Sekda Sinjai Andi Jefrianto mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kampanye udara bersih dengan menabung oksigen untuk masa depan serta memasyarakatkan budaya menanam dan memelihara pohon di wilayah "Bumi Panrita Kitta" --sebutan untuk Sinjai.

“Peringatan Hari Bumi menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan. Sebagaimana diketahui bahwa Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran untuk mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi, deforestasi hutan, lahan dan kerusakan lingkungan serta bentuk apresiasi terhadap planet bumi yang kita tempati,” ujarnya.

Ia mengatakan pelibatan seluruh elemen masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan untuk meningkatkan sinergi pemda dengan seluruh pemangku kepentingan untuk membangun kolaborasi guna mewujudkan lingkungan yang hijau.

Penanaman pohon ditandai dengan penyerahan secara simbolis bibit pohon oleh Sekda Sinjai Andi Jefrianto kepada ketua KNPI dan perwakilan masyarakat Sinjai.

Peringatan Hari Bumi juga dihadiri para pejabat Pemkab Sinjai serta diikuti masyarakat, pihak swasta, organisasi, mahasiswa, pelajar, relawan, dan pemerhati lingkungan.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024