Makassar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin  menebar sebanyak 160 ribu benih ikan di Danau Salomate, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, untuk meningkatkan produksi ikan di daerah itu.

Bustar, salah seorang nelayan, dalam rilis yang diterima di Makassar, Selasa, mengaku sangat mendukung program tebar benih ikan dari Pemprov Sulawesi Selatan untuk mendorong dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Sangat setuju, manfaatnya ini banyak untuk masyarakat di sini yang memang membutuhkan benih. Kalau bisa juga ditambah dengan ikan mas," cakapnya.

Nelayan lainnya, Nasrullah, juga berharap mendapatkan bantuan benih ikan yang bisa mendongkrak ekonomi warga. "Kalau bisa juga ada ikan sepat," pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel Muhammad Ilyas menyampaikan sebanyak 160 ribu benih ikan tersebut terdiri dari 110.000 dari Pemprov Sulsel dan sisanya 50.000 benih ikan dari Balai Benih Ikan (BBI) dari Soppeng.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menebar 2,1 juta benih ikan air tawar di Kabupaten Bone sebagai upaya menjaga ketahanan pangan yang merupakan program prioritas Penjabat Gubernur Sulsel.

Jumlah itu termasuk penebaran bibit ikan yang dilakukan langsung Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin dan Pj Bupati Bone Islamuddin di Desa Lea, Kecamatan Tellu Siattinge dan Bendungan Palakka, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone.

Pj. Gubernur pada tahun ini menyiapkan 100 juta benih ikan untuk dibagikan ke masyarakat di kabupaten/kota di Sulsel.

Program itu sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi dalam hal ketahanan pangan dan mengatasi kemiskinan ekstrem.*

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024