Mamuju (ANTARA) - Pengusaha gula semut di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berharap kunjungan Presiden Joko Widodo ke daerah itu pada 23 April lalu, berdampak pada positif pada kemajuan usaha mereka karena sempat melakukan swafoto bersama Presiden disertai promosi produk.  

"Kami sangat senang karena produk gula semut yang kami hasilkan dapat diketahui banyak orang, karena telah mempromosikannya dengan melakukan swafoto bersama Bapak Presiden Joko Widodo," kata Laode Ferial Gufran, pengusaha gula semut dari kelompok tani hutan Lembang Golla,  di Mamuju, Kamis.

Laode Ferial yang didampingi pengusaha gula semut lainnya mengaku sangat senang setelah dapat melakukan swafoto dengan Presiden Joko Widodo sekaligus mempromosikan produk hasil usaha gula semut yang ia kembangkan.

Ia pun berharap Presiden Jokowi ikut membantu mengingatkan masyarakat Indonesia lainnya agar ikut meminati produk gula semut itu.

Laode dan teman-teman sesama pegiat usaha gula semut di Mamuju merupakan kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan pemerintah daerah di Sulbar.

"Kami tergabung dalam kelompok tani hutan (KTH) lembang golla, yang dibina Pemprov Sulbar melalui Dishut Sulbar, dan telah berhasil mengembangkan produk gula semut," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa selain mengembangkan usaha gula semut KTH Lembang Golla juga mengembangkan usaha gula aren dan gula batok, gula semut dan gula aren cair.

"Terima kasih kepada penyuluh kehutanan dan Sulbar yang intens mendampingi kami usaha produk kami, sehingga berkembang, dan kami berharap terus didampingi mengembangkan produk gula," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024