Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar berkolaborasi dengan Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Sulawesi Selatan yang mengirimkan bantuan logistik ke beberapa titik wilayah bencana banjir dan longsor termasuk di Kabupaten Sidrap, telah tiba di posko Sidrap.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Senin, mengatakan bantuan bertahap telah disalurkan dan terakhir pada Minggu (5/5) pihaknya sudah memberangkatkan 10 mobil tangki dengan isi air bersih.

"Bantuan bertahap terus kita distribusikan dan terakhir itu logistik dan tiga mobil truk inflasi berisi makanan siap saji dan kebutuhan lainnya serta 10 mobil tangki air bersih," ujarnya.

Pemkot Makassar menyiapkan air minum, makanan siap saji atau setengah siap saji, popok untuk anak kecil dan pembalut untuk wanita.

"Kebetulan ibu dari tim PKK juga buat paket dengan sarung, minyak kayu putih juga sebab dalam kondisi banjir seperti ini sangat dibutuhkan," katanya.

Danny - sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan jika timnya sudah mengirim tiga tim evakuasi dengan tiga perahu karet. Masing-masing tim ahli di bidangnya, seperti tim penyelamat, evakuasi dan medis.

Satu truk mobil inflasi Pemkot Makassar yang memuat bantuan kemanusiaan juga tiba dan disalurkan di tiga Posko Banjir Sidrap.

Pertama disalurkan di Kantor BPBD Sidrap sekira pukul 13:00 Wita, kedua Pos Komando Penanganan Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Kantor Kecamatan Pitu Riase, pukul 15:00 Wita.

Dan ketiga, di Posko Lapangan Dinas Sosial Kecamatan Pitu Riawa, Sidrap, pukul 15:45 Wita.

Sementara itu, Intan salah satu TRC BPBD Sidrap mengapresiasi dan menyampaikan terima kasihnya atas bantuan dari Pemkot Makassar juga IKA Wilayah Unhas.

Wanita yang bertugas di Desa Dua Pitue, Kecamatan Bulu Cenrana ini mengatakan dampak yang ditimbulkan dari bencana banjir ialah banyak kesulitan akses jalan.

Salah satunya, ia sebutkan bahwa jembatan penghubung antara Desa Bulu Cenrana dengan Desa Botto itu terputus. Begitu juga dengan jembatan penghubung di Desa Pujo.

"Di sini akses memberikan bantuan sulit karena jembatan penghubung rusak," katanya di sela-sela menerima tim Pemkot Makassar dan IKA Unhas di Kantor Camat Pitu Riase, sore tadi.

Kerusakan juga terjadi pada fasilitas penduduk, rumah warga rusak dan hilangnya ternak warga.

Dia mengatakan pihaknya sedang merampungkan data baru setelah itu akan disalurkan.

Begitu pula di Desa Bulu Cenrana, ratusan KK terdampak banjir di banyak dusun di Desa Bulu Cenrana.

Sementara itu, Pengurus IKA Unhas Wilayah Sulsel dr. Udin Shaputra Malik mengatakan pihaknya turun membantu korban bencana sebagai wujud kepedulian antarsesama.

"Kita turun bersama tim relawan medis ini murni sebagai bentuk kepedulian kami kepada warga dan saudara-saudara kami yang menjadi korban atau terdampak bencana,” kata dr Udin.

Adapun bantuan yang dikirim atas kolaborasi Pemkot Makassar dan IKA Unhas Sulsel ialah air mineral gelas 415 dus, air mineral 55 botol, Indomie 488 dus, gula 2 dus popok atau pampers 40 dus dan 32 pcs, biskuit snack 24 dus, teh kotak 5 dus, ultra milk 5 dus, kopi 5 dus, dan coca cola 10 pak.

Rincian bantuan ini dibagi ke masing-masing tiga truk Pemkot Makassar. Titik lokasi bantuan akan dikirim ke Luwu, Wajo dan Sidrap.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024