Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) melalui Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan Daerah membangun gedung perpustakaan standar nasional.

Pembangunan gedung perpustakaan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana bersama Koordinator  Perpustakaan Provinsi Sulsel, Samsul Arif,  Sekretatis Daerah, Kepala Bapenda, kepala dinas Sosial dan kepala  Dinas perpustakaan dan kearsiapan daerah kabupaten Pangkep di jalan Terminal baru, Bungoro, Kabupaten Pangkep, Minggu (19/5).

Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana berharap kehadiran perpustakaan semakin meningkatkan animo  literasi dan minat baca masyarakat.

"Kita berharap progres pembangunannya berjalan sesuai jadwal. Harapan kita, perpustakaan ini dimanfaatkan dengan baik, " katanya.

Sedangkan, Kepala Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pangkep, Muhiddin R  mengatakan pembangunan layanan perpustakaan daerah ini bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus(DAK) dengan jumlah pagu sebesar Rp10 miliar.

Pembangunan direncanakan dua lantai,  dilengkapi fasilitas modern standar nasional kelas kabupaten. Dilengkapi fasilitas ramah lansia, disabiltas, ibu dan anak dengan penyediaan ruang laktasi dan untuk semua segmen pengguna pustaka mulai dari akan, remaja hingga masyarakat umum.

Hadirnya perpustakaan berbasis sosial, diharapkan menjadi episentrum pusat pembelajaran, informasi ilmu pengetahuan dan tehnolgi serta pusat pengembangan ekonomi masyarakat.

"Luas lahan bangunan 25x30 Meter/segi berlantai dua. Lantai duanya  ada penyiapan teater mini, aula serta akan terkoneksi dengan sistem perpustakaan digital nasional, " kata Muhiddin.

Hadirnya perpustakaan standar nasional itu katanya, berkat inisiasi Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) .

"Kita masyakat beryukur punya pemimpin yang peduli dalam rangka mendorong literasi dan budaya membaca di Pangkep semakin berkembang, " tambahnya.

Dinas perpustakaan dan kearsipan daerah kedepan, akan berkolaborasi dengan sejumlah pihak baik OPD maupun komunitas literasi.

Pembangunan gedung layanan perpustakaan dijadwalkan selama 240 hari kalender. (*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024