Makassar (ANTARA) - Tim robot mahasiswa Politeknik ATI Makassar memboyong dua tropi  pada Turnamen Robotic Piala MPR RI 2024 yang diselenggarakan Persatuan Robotika Seluruh Indonesia (PRSI) di GOR Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII)  Jakarta Timur pada 17-19 Mei 2024.

Turnamen Robotik Indonesia Piala Ketua MPR RI merupakan ajang untuk mengembangkan dan memajukan bidang robotik di tingkat pelajar, mahasiswa hingga umum. Disamping menguji ketrampilan teknis dan kreativitas dalam merancang, membangun dan mengoperasikan robot.

"Kami bangga dengan apa yang dicapai mahasiswa kami. Ini adalah hasil dari usaha dan latihan yang mereka lakukan, meskipun hasil belum semaksimal dibanding saat mereka ikut kompetisi robot di Malaysia beberapa waktu lalu," kata Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri  dalam keterangannya, Senin (20/5).

Basri mengharapkan agar hal ini menjadi motivasi bagi mahasiswa Politeknik ATI Makassar lainnya untuk menorehkan berbagai prestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik.

Pada ajang tersebut tim Robot Politeknik ATI Makassar bertanding dalam dua kategori, yaitu Robot Line Follower  berhasil meraih Juara II  sedangkan kategori Transporter meraih Juara Harapan 1.

Delegasi Politeknik ATI Makassar dalam turnamen ini adalah Muh. Muflik Mubarak dan Andi Muh Akbar Amanullah Taufik. Mereka didampingi dua dosen pendamping, Asyraful Insan Asry dan Zainal Akbar.

"Pada kategori Line Follower, kami bertemu tim robot dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Namun, kami tertinggal karena ada kesalahan pada program robot yang kami buat," kata Muh. Muflik.

Sementara pada kategori transporter, timnya mengalami kendala kerusakan pada device yang mereka pakai untuk mengontrol robot mereka (*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024