Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur berharap panitia pemungutan suara (PPS) menjaga kualitas Pilkada 2024 karena telah mengikuti orientasi tugas dan telah diberi pemahaman soal penyelenggaraan pesta demokrasi adil, jujur, berintegritas dan bermartabat.

“Pemilu yang sukses dan berintegritas tentu ditopang oleh penyelenggara yang berintegritas. Dengan orientasi tugas ini, kami berharap Pilkada Lutim lebih bermartabat," kata Wakil Bupati Luwu Timur, Sulawesi Selatan Moch. Akbar A. Leluasa dalam keterangan pers yang diterima di Makassar, Senin.

Akbar mengatakan keberhasilan pelaksanaan pemilu tidak hanya ditentukan oleh partisipasi masyarakat, tetapi juga oleh integritas, profesionalisme, dan komitmen dari para penyelenggara pemilu, khususnya PPS. 

Oleh karena itu, peran PPS sangatlah krusial dalam memastikan bahwa proses demokrasi itu berjalan dengan jujur, adil, dan transparan.

Ia juga menekankan pentingnya anggota PPS selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti KPU, Bawaslu, aparat keamanan, dan pihak lainnya untuk memastikan bahwa setiap tahapan pemilihan dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar.

“Proses orientasi tugas yang akan saudara-saudara ikuti setelah pelantikan ini, sangat penting untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab sebagai anggota PPS," katanya.

Ia pun meminta kepada para PPS itu untuk memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya untuk belajar, berdiskusi, dan memahami setiap aspek dari penyelenggaraan pemilu.

Akbar juga mengajak para PPS untuk bersama-sama mewujudkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024 yang sukses dan bermartabat di Kabupaten Luwu Timur yang dicintai bersama.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024