Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama enam perguruan tinggi sepakat kerja sama dalam mendukung program keberlanjutan guna memperkuat kolaborasi penelitian Indonesia dan Australia melalui PAIR Sulawesi.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) berlangsung di sela-sela peluncuran PAIR Sulawesi di Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Rabu.

Adapun enam perguruan tinggi yang terlibat yaitu Universitas Tadulako, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Haluoleo, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Sulawesi Barat, dan Universitas Mulawarman.

Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa mengatakan kerja sama itu merupakan langkah strategis untuk mendorong sinergi antara perguruan tinggi dan diharapkan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan di Sulawesi, termasuk Kalimantan sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru.

"Kami percaya melalui kolaborasi, kita dapat mencapai lebih banyak hal. Penelitian dan inovasi adalah pilar utama untuk pembangunan yang berkelanjutan, akan semakin banyak peneliti yang akan terlibat, dan tentunya ini akan semakin memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat secara meluas,” jelasnya.

Adanya MoU ini, lanjut Prof Jamaluddin Jompa, diharapkan tercipta iklim penelitian yang kondusif di Sulawesi. Hal ini akan sangat mendukung upaya perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang dilakukan.

Penandatanganan MoU antara Universitas Hasanuddin dan enam perguruan tinggi ini sekaligus menandai langkah awal yang penting dalam memperkuat kerja sama akademik di wilayah tersebut.

Dengan komitmen yang kuat dari semua pihak yang terlibat, lanjutnya, diharapkan program PAIR Sulawesi dapat berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat. PAIR Sulawesi merupakan inisiatif Australia Indonesia Centre (AIC), konsorsium universitas riset terkemuka di kedua negara.

PAIR Sulawesi dibangun berdasarkan misi AIC untuk memajukan hubungan antar-masyarakat dalam ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan, inovasi, dan budaya. Badan utama AIC adalah Monash University. Anchor institusi PAIR Sulawesi adalah Universitas Hasanuddin.
 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024