Makassar (ANTARA) -
Badan Pengelola Maros-Pangkep UNESCO Global Geopark menggelar sejumlah kegiatan terkait Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni.
 
Kegiatan yang dipusatkan di Bantimurung, Maros pada Sabtu besok akan dimeriahkan dengan berbagai agenda, diawali dengan penanaman pohon di Kawasan Geosite Bantimurung, jalan santai menuju air terjun Bantimurung, hingga edukasi lingkungan sejak dini yang digelar Youth Forum Geopark Maros-Pangkep.
 
"Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakhrulloh sudah mengkonfirmasi kehadirannya," kata General Manager Badan Pengelola Geopark Maros-Pangkep Dedy Irfan Bachri di Makassar, Jumat.
 
Dia menyebut kegiatan akan digelar sehari penuh itu salah satu agenda pentingnya yakni Sekolah Geopark yang diikuti 50 orang terdiri dari siswa dan pemuda sekitar Kawasan Maros dan Pangkep.
 
Ketua Panitia Ibrahim Halim Bupati dan Wakil Bupati Maros dan Pangkep juga diagendakan akan hadir,  termasuk Ketua IKA Unhas yang juga sebagai Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
 
Khusus untuk Sekolah Geopark, menurut Ketua Geopark Youth Forum Jumardi, ini adalah sekolah Geopark edisi ketiga. Dua edisi sebelumnya fokus ke pembekalan dan edisi kali ini sudah mulai kunjungan lapangan.
 
Kegiatan para peserta antara lain eksplorasi alam, workshop edukatif, hingga tur fotografi dan videografi.
 
Panitia juga menyediakan berbagai hadiah untuk tamu maupun peserta jalan santai.
 
Sebelumnya, Badan Pengelola Geopark Maros-Pangkep sudah melakukan audiens dengan Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakhrulloh. Zudah menyatakan kesiapan hadir.
 
Selain itu, Zudan menyatakan dukungan kepada seluruh kegiatan yang digelar untuk memperkenalkan destinasi ini kepada dunia internasional.
 
Mantan Pj Gubernur Sulbar itu menilai bahwa semua yang telah dilakukan Badan Pengelola Maros-Pangkep UNESCO Global Geopark sudah cukup bagus. Dia siap membantu agar akselerasi Geopark bisa lebih baik lagi.
 
Sebelumnya pada Sidang Dewan Eksekutif ke-216 UNESCO, 24 Mei 2023 di Paris, menetapkan Geopark Maros-Pangkep mulai masuk jaringan Global Geoparks Network bersama 17 taman bumi lainnya di dunia.
 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024