Mamuju (ANTARA) - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengajak masyarakat agar dapat terlibat aktif dalam melaporkan dugaan pelanggaran terkait pilkada serentak 2024.

"Kami harapkan seluruh masyarakat Sulbar untuk dapat bersama-sama Bawaslu mengawasi pelaksanaan pilkada dan aktif melaporkan dugaan pelanggaran," kata Ketua Bawaslu Sulbar Nasrul Muhayyang di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam pelaksanaan pilkada agar dapat berlangsung jujur dan adil serta demokratis.

Menurut dia, pihaknya juga akan meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh stakeholder di Sulbar terkait pengawasan pilkada.

"Bawaslu Sulbar sangat mengharapkan peran dan keterlibatan seluruh pihak agar dapat membantu mengawasi pilkada serentak ini," ujarnya.

Sejauh ini, Bawaslu Sulbar juga telah mempersiapkan dan menata sumber daya manusia (SDM)  yang dibutuhkan serta mempersiapkan anggaran untuk pelaksanaan pengawasan pilkada.

"Kami telah sangat siap mengawasi Pilkada Sulbar, segala kebutuhan telah ditata dan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, guna memastikan pilkada ini dapat berjalan sukses dan damai," katanya.

Ia menambahkan, dalam mengawasi pelaksanaan pilkada, Bawaslu Sulbar akan menjaga integritas dalam melaksanakan tugas dan menjunjung tinggi aturan pelaksanaan pilkada.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024