Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Jepang kembali menyelenggarakan Kontes Manga Internasional ke-8, pendaftarannya dibuka mulai 15 April hingga 31 Mei 2014.

Kantor Konsuler Jepang, melalui rilisnya di Makassar, Selasa, menjelaskan, dari karya yang diterima nanti, karya terbaik akan menerima "Gold Award" dan tiga karya terbaik lainnya masing-masing akan mendapatkan "Silver Award".

Para penerima penghargaan ini akan diundang datang ke Jepang atas undangan The Japan Foundation untuk menghadiri upacara serah terima penghargaan.

Selama berada di Jepang mereka juga dijadwalkan akan bersilaturahmi dengan "Mangaka" (komikus manga) Jepang dan melakukan kunjungan ke penerbit manga.

Komite Penyelenggara Kontes Manga Internasional ke-8 yang diketuai oleh Menteri Luar Negeri Fumio KISHIDA, telah membuka pendaftaran Kontes Manga Internasional ke-8.

Informasi mengenai pendaftaran dapat dilihat di website International Manga Award. (http://www.manga-award.jp/). Sementara pengumuman hasil sekitar akhir tahun 2014-Januari 2015 dan upacara penghargaan sekitar Januari 2015.

Komite Penyelenggara Kontes Manga Internasional ke-8 terdiri atas Ketua Komite Penyelenggara Menteri Luar Negeri, Fumio Kishida dan anggota Presiden Japan Foundation, Hiroyasu Ando, Vice President Light Publicity, Kotaro Sugiyama, Guru Besar di Universitas Tokyo, Saya Shiraishi dan Direktur PT. Shogakukan Satoshi Katayose. Sementara anggota dewan juri terdiri dari editor dan komikus manga yang berpengalaman.

Trophy penghargaan Manga Internasional merupakan desain Taku Sato yang terus dilanjutkan sejak penyelenggaraan kontes pertama.

Penghargaan Manga Internasional ditetapkan pada Mei 2007 dengan tujuan untuk memberikan penghargaan kepada para komikus manga yang berkontribusi bagi penyebaran budaya manga dan sejak itu diselenggarakan setiap tahun.

Tahun ini pun penyelengaraan Kontes Manga Internasional ke-8 telah diputuskan secara resmi pada pertemuan Komite Penyelenggara Kontes Manga ke-8. Pada Kontes Manga International ke-6 peserta dari Indonesia menerima "Silver Award". Agus Setiawan

Pewarta : Riesmawan Yudhatama
Editor :
Copyright © ANTARA 2024