Mamuju (ANTARA Sulbar) - Potensi pertambangan di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, menjanjikan dikelola meningkatkan pendapatan daerah.

Peneliti tambang, Nurdin Ashat di Mamuju, Selasa, mengatakan, terdapat 41 blok tambang yang telah dinyatakan layak dan pantas dikelola investor.

Ia mengatakan, blok tambang mineral dan batubara tersebut, tersebar disejumlah wilayah di Mamuju, khususnya di wilayah Kecamatan Kalumpang dan Bonehau.

Menurut dia, potensi tambang di Mamuju tidak seperti di Kabupaten lainnya di Sulbar yang paling tinggi hanya memiliki satu blok tambang yang layak dan dieksploitasi.

Ia mengatakan, apabila potensi tambang di Mamuju dikelola investor maka daerah Mamuju akan tumbuh dan berkembang, karena mampu meningkatkan pendapatan daerahnya dari sektor pertambangan.

Dia berharap investor dapat mengelola dan mengembangkan potensi tambang di Mamuju, karena sangat menjanjikan, pemerintah daerah juga mesti memberikan dukungan investasi pertambangan di Mamuju.

"Pemerintah mesti memberikan dukungan pengelolaan tambang oleh investor di Mamuju karena tambang akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, pengelolaan potensi tambang di Mamuju mesti dilakukan secara profesional agar menarik minat investor yang mengelolanya," katanya.  FC Kuen

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024