Makassar (Antara Sulsel) - Batas akhir penyampaian SPT tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi tahun pajak 2013 adalah tanggal 31 Maret 2014 bertepatan dengan hari libur nasional.

Terkait dengan hal itu tanggal 25 sampai 28 Maret 2014, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur II mengadakan sosialisasi perpajakan menggunakan mobil pajak keliling dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat tentang pelayanan pada tanggal 29 dan 31 Maret 2014.

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) tetap buka pada tanggal 29 Maret mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB, sedangkan pada tanggal 31 Maret 2014 buka mulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Informasi lain yang diberikan tentang cara penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi yang dapat dipilih oleh Wajib Pajak, selain dapat disampaikan langsung ke KPP atau KP2KP dapat juga dikirimkan melalui pos, jasa ekspedisi, secara online melalui e-Filing di website Direktorat Jenderal Pajak www.pajak.go.id atau penyedia jasa aplikasi (Application Service Provider).

Selain itu, sosialisasi menggunakan mobil pajak keliling juga memberi pelayanan dropbox bagi para Wajib Pajak yang ingin menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi.

Pada hari pertama, sosialisasi mengambil rute dari jalan Raya Juanda Semambung ke jalan Tebel, jalan Jenggolo, Alun-Alun Sidoarjo, ruko-ruko di Perumahan Taman Pinang dan berhenti di depan KPP Pratama Sidoarjo Barat untuk membagi leaflet dan merchandise kepada masyarakat pengguna jalan, toko dan  penjual di sekitar Jalan Lingkar Barat Gelora Delta Sidoarjo.

Hari kedua, sosialisasi  dilakukan di sepanjang jalan kecamatan Balongbendo, Krian, Wonoayu, Krembung, Tarik, Tulangan dan Prambon. Pada hari ketiga dan keempat sosialisasi lebih difokuskan untuk jemput bola SPT Tahunan PPh Orang Pribadi yaitu melayani dropbox SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan membuka stand mobil pajak keliling di Alun-Alun Sidoarjo.

Sosialisasi menggunakan mobil pajak keliling diminati oleh masyarakat, hal tersebut dapat dilihat dari antusias masyarakat yang banyak bertanya seputar SPT dan banyak juga yang menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi.

Ada kejadian menarik, saat mobil pajak keliling akan pindah ke tempat lain, ada beberapa orang yang sengaja mencegat mobil hanya untuk menyampaikan SPTnya. Ada pula seorang purnawirawan TNI yang menginginkan agar mobil pajak keliling mendatangi Persatuan Purnawirawan Kecamatan Sidoarjo kota. Perkumpulan ini mengadakan pertemuan setiap bulan di minggu kedua pada hari minggu.

Sang Purnawirawan TNI menginginkan agar diberikan sosialisasi tentang tatacara pengisian SPT Tahunan dan cara penyampaiannya karena selama ini banyak anggota TNI yang tidak menyampaikan SPT karena mereka tidak paham cara mengisinya.

Melakukan sosialisasi menggunakan mobil pajak keliling diharapkan lebih tepat sasaran sehingga masyarakat memahami  arti pentingnya pajak untuk pembangunan bangsa, sesuai dengan lirik lagu mars Pajak yang mengiringi Mobil Pajak ketika mengelilingi Kabupaten Sidoarjo "tanpa pajak, negara takkan ada".


Pewarta : Kanwil DJP Sultanbatara
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024