Makassar (ANTARA Sulsel) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan menyatakan agenda Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI se-Sulsel di Kabupaten Bantaeng, Mei 2014 akan fokus membahas pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, di Makassar, Sabtu, mengatakan pelaksanaan Porda XV Bantaeng 2014 memang menjadi salah satu pembahasan utama karena waktu penyelenggaraannya yang menyisakan kurang lebih lima bulan kedepan.

"Kami akan melihat sejauh mana persiapan Kabupaten Bantaeng selaku tuan rumah Porda 2014. Kami juga ingin mengetahui masalah apa saja yang kemungkinan dapat menggangu kelancaran pelaksanaan," jelasnya.

Pelaksanaan RAT KONI se-Sulsel juga menjadi momentum bagi KONI Kabupaten/kota untuk berinteraksi langsung tentang apa yang dinilai penting misalnya soal akomodasi, tranpsortasi serta konsumsi saat pelaksanaan.

KONI Sulsel juga meminta agar seluruh daerah peserta Porda 2014 bisa segera mendaftarkan atlet yang akan diikutkan sehingga pihak tuan rumah bisa mempersiapkan diri lebih awal.

Kabupaten Bantaeng telah menyiapkan rusunawa untuk menampung para peserta. Makanya daerah peserta juga harus segera mendaftarkan seluruh atletnya sehingga jika tidak cukup tempat bisa dicarikan solusi secepatnya.

"Untuk venue dan sebagainya juga akan kita pantau sekalian. Kami tentu berharap seluruh venue bisa diselesaikan tepat waktu sehingga pertandingan bisa berlangsung sesuai jadwal," katanya.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dikpora Bantaeng, Miftahuddin, menyatakan pihaknya menargetkan merampungkan seluruh pembangunan venue atau fasilitas olahraga yang akan digunakan pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV, paling lambat Mei 2014.

"Seluruh prasarana yang membutuhkan waktu lama sudah kita selesaikan seperti Stadion dan GOR. Adapun venue yang masih fokus kita selesaikan sisa lapangan sepakbola, basket dan beberapa perbaikan Gedung Sport Center Bantaeng,`ujarnya.

Selain itu, Pemkab Bantaeng juga tetap berkomitmen menyelesaikan venue lebih cepat agar bisa lebih fokus dalam pelaksanaan. Jika kita bisa menyelesaikan sesuai target maka pihakanya memiliki empat bulan untuk memikirkan hal lain.

Saat ini, Pemkab Bantaeng telah menyelesaikan pembangunan gedung sport centre yang akan menjadi tempat pelaksanaan pertandingan tiga cabang olahraga seperti voli indoor, basket dan sepak takraw.

Selain Gedung Sport Centre, Kabupaten Bantaeng juga telah menyelesaikan pembangunan sekaligus perbaikan sejumlah venue pertandingan yang lain seperti Gedung Olahraga (GOR) Bantaeng, dan Stadion Mini Lamalaka Bantaeng.

Sejumlah prasarana juga sejak awal sudah diselesaikan pembangunannya yakni arena kolam renang, tenis lapangan, panahan, termasuk lapangan futsal yang dirampungkan pada Desember 2012. A Budiman

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024