Makassar (ANTARA Sulsel) - Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM Pena) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meluncurkan jurnal untuk mahasiswa dan dosen.

"Temanya adalah abadikan hidup melalui torehan pena dalam karya gemilang untuk mahasiswa, dosen, dan terbuka untuk umum," kata Wakil Dekan (WD I) FKIP Khaeruddin, SPd, M.Pd di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, penyusunan penulisan jurnal harus sesuai dengan format yang diberlakukan khususnya penulisan daftar pustaka.

Sementara itu, Kajur Pendidikan Bahasa Inggris Erwin Akib, S.Pd, M.Pd mengatakan, dalam penyusunan jurnal tidak boleh melakukan plagiat baik jurnal nasional dan internasional.

"Indonesia saat ini di urutan ke 61 dibawah Malaysia dan Thailand seluruh dunia dari segi peringkat jurnal internasional disebabkan karena tingkat pemahaman dosen tentang penyusunan jurnal masih relatif rendah," katanya.

Lebih lanjut Erwin Akib mengatakan, syarat untuk menulis jurnal internasional cukup panjang prosesnya minimal satu bulan, sehingga nilai dari jurnal harus memenuhi standar untuk diterbitkan.

Erwin Akib menjelaskan, dalam jurnal harus memenuhi abstrak dua ratus hingga lima ratus kata, kata kunci dan pendahuluan.

"Penulisan karya jika ingin diterbitkan oleh media harus berdasarkan kriteria media tersebut dan mempunyai bobot yang memadai," ungkap Erwin Akib.lkim

Selanjutnya, Erwin Akib memberikan kepada mahasiswa ultimatum untuk terus menulis sesuai dengan bidang keilmuan dan keahlian yang dimiliki sekaligus menjadikan dirinya siap untuk membina dalam penulisan jurnal.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024