Makassar (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan menekankan pentingnya para dosen meningkatkan kualitas artikel ilmiah sebagai salah satu cara perguruan tinggi itu mencapai pengakuan internasional.

"Workshop (Lokakarya) ini penting agar dosen-dosen lebih banyak yang menulis di jurnal bereputasi," ujar Sekretaris LP2M  UIN Alauddin Makassar Andi Marjuni pada lokakarya penulisan artikel Ilmiah pada jurnal internasional bereputasi di Makassar, Selasa.

Kegiatan selama dua hari, 9-10 Juli 2024, menyasar dosen, peneliti, dan pengelola jurnal sebagai peserta pelatihan.

Ia menyampaikan inti kegiatan ini tentang upaya meningkatkan kualifikasi, kompetensi, dan kesejahteraan dosen.

Ia menyebut napas perguruan tinggi terletak pada pendidikan dan penelitian.

"Dengan pelatihan ini, peserta akan menerima berbagai materi dan latihan praktis terkait penulisan artikel ilmiah selama dua hari," katanya.

Wakil Rektor l UIN Alauddin Makassar Kamaluddin Abunawas mengatakan lokakarya ini bagian dari komitmen UIN Alauddin untuk terus mendorong peningkatan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah, serta meraih pengakuan internasional sebagai institusi pendidikan yang unggul.

"Kami optimis bahwa melalui peningkatan kapasitas penulisan artikel ilmiah, jurnal-jurnal di UIN Alauddin dapat memenuhi syarat untuk diajukan ke pengindeks Scopus atau pengindeks bereputasi lainnya," katanya.

Ahli penulisan artikel ilmiah Prof Ir Andi Dirpan memberikan tips dan trik dalam menulis artikel yang berkualitas, mulai dari pemilihan topik, metode penelitian, penulisan abstrak, hingga penyusunan daftar pustaka sesuai standar internasional.

"Kualitas artikel ilmiah sangat dipengaruhi oleh struktur penulisan dan kesesuaian dengan pedoman jurnal yang dituju," katanya.

Dalam kegiatan itu, ia memberikan panduan lengkap agar para peneliti dapat menghasilkan artikel yang siap diajukan ke jurnal bereputasi.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024