Makassar (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan memperkuat kolaborasi sistem statistik nasional yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) di Bali, 9-12 Juli 2024.

Kepala Diskominfo SP Sulsel Andi Winarno Eka Putra, dalam keterangannya diterima di Makassar, Rabu, mengatakan pihaknya telah berkontribusi terkait pelaksanaan statistik sektoral dalam penata kelolaan dan sudah terintegrasi portal satu data dengan satu data Indonesia.

Dinas Kominfo-SP Sulsel turut hadir dan mendukung kolaborasi sistem statistik yang dilaksanakan BPS di Bali," ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh BPS Provinsi se Indonesia, Kepala Diskominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik (MIS) BPS Pusat, Imam Machdi.

Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS Imam Machdi, menyampaikan terkait penguatan sistem statistik nasional untuk Indonesia Maju yang berdaulat.

Berdasarkan UU Statistik, kata dia, maka Lembaga yang dapat menghasilkan statistik resmi negara adalah penyelenggara statistik dasar dan statistik sektoral selama memenuhi 10 fundamental principles of official statistics.

“Kolaborasi antara BPS dan K/L/D ditujukan untuk memperkuat sistem Statistik Nasional dan menghasilkan statistik resmi negara (official Statistics) yang obyektif, independen, berkualitas dan terpercaya,” jelas Imam Machdi.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen bersama antara Wali Data dan Pembina.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024