Makassar (ANTARA Sulsel) - Harga ayam potong dan telur ayam bergerak turun di sejumlah pasar tradisional di Makassar akibat persediaan melimpah.

"Harga ayam potong seberat 2,5 kilogram biasanya dijual seharga Rp50 ribu per ekor, kini dijual Rp40 ribuper ekor," kata pedagang ayam Hj Subaedah di Pasar Terong, Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, harga ayam potong mengalami penurunan karena saat ini memasuki masa panen, sehingga persediaan cukup banyak dan permintaan cenderung tetap.

Akibatnya, lanjut dia, harga ayam potong turun, demikian pula dengan telur ayam yang biasanya dijual seharga Rp35 ribu per rak, kini dijual Rp28 ribu per rak.

"Ini karena produksi peternak cukup banyak, sehingga harga telur mengalami penurunan," katanya.

Hal itu juga diakui pedagang di Pasar Pannampu, Makassar Mustari.

Dia mengatakan, harga ayam potong dan telur ayam ras turun dalam pekan ini. Kondisi itu berbeda dengan bumbu dapur yang rata-rata mengalami kenaikan

Sebagai gambaran, untuk bawang merah dijual Rp20 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp18 ribu per kg. Sedang harga bawang putih dijual Rp17 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp15 ribu per kg.

"Yang paling tinggi kenaikannya adalah merica yang bisanya hanya dijual Rp75 ribu per kg, kini sudah mencapai Rp95 ribu per kg" katanya. A Lazuardi

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024