Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Palipi, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, masih dilanjutkan pada tahun 2015.

"Pembangunan PPN dilanjutkan pada tahun 2015, dengan mengandalkan dana kerjasama dengan Islam Development Bank (IDB) yang diharapkan dapat mendanai pembangunan PPN Majene secara tuntas," kata asisten II Pemprov Sulbar, Nuralam Thahir di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, untuk merampungkan pembangunan PPN Majene maka masih dibutuhkan anggaran sebesar Rp300 miliar, dari IDB yang anggarannya dalam bentuk dana hibah berdasarkan persetujuan pemerintah pusat.

Pembangunan PPN Majene dengan skala B sebelumnya telah diterima senilai Rp21 miliar yang diberikan melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, anggaran itu bersumber dari dana APBN.

Namun ia mengatakan, anggaran itu hanya cukup digunakan membangun kebutuhan tahap awal, berupa rencana induk dan detail desain PPN Majene.

"Secara keseluruhan anggaran yang masih dibutuhkan membangun PPN Majene agar rampung sekitar Rp300 miliar, sehingga pemerintah di Sulbar menjalin kerja sama dengan IDB, yang merupakan bank korporasi negara-negara Islam, dukungan pemerintah pusat juga masih sangat diharapkan," katanya.

Ia mengharapkan, PPN tersebut sangat penting dibangun karena akan mampu meningkatkan produksi perikanan Sulbar sekitar 67.000 ton per tahun.

PPN di Majene juga akan menjadi pusat pengelolaan perikanan di Sulbar sehingga potensi perikanan Sulbar yang memiliki luas laut sekitar 20.000 kilometer lebih luas dari wilayah darat yang hanya sekitar 17.000 kilometer, akan lebih maksimal dikelola. FC Kuen

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024