Mamuju (ANTARA Sulbar) - Lima kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan sejumlah program pembangunan guna menyambut pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015.

"Lima kabupaten di Sulbar telah didesain mengembangkan daerahnya demi menyambut program MEA," kata Asisten II Pemprov Sulbar, Nuralam Thahir di Mamuju, Kamis.

Dia mengatakan MEA merupakan program pemerintah di tingkat pusat dalam rangka terciptanya kawasan ekonomi ASEAN yang kompetitif dan terintegrasi dengan ekonomi global.

Menurut dia, Indonesia berperan meningkatkan ekonominya melalui program MEA dengan membentuk ekonomi kawasan negaranya dengan membangun industri dan sektor ekonomi lainnya.

Nuralam mengatakan, sesuai rancangan tata ruang dan wilayah Provinsi Sulbar, desain pengembangan daerah Sulbar telah direncanakan membangun MEA.

"Seluruh Kabupaten di Sulbar telah didesain mengembangkan daerahnya, diantaranya Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dan Mamuju, untuk membangun industri pengolahan dengan memaksimalkan sumber daya alam yang dimiliki," katanya.

Ia mengatakan, untuk Kabupaten Mamuju Utara, akan didesain menjadi daerah agropolitan dan minapolitan, sesuai dengan kondisi geografis daerah itu.

Sementara, kata dia, untuk Kabupaten Mamasa dan Majene akan didesain menjadi Kota destinasi wisata dan Kota Pendidikan, karena Mamasa kaya akan aset budaya dan Majene berpeluang menjadi Kota pendidikan.

Dia berharap pemerintah di tiap kabupaten dapat membangun daerahnya sesaui dengan rancangan pembangunan menyambut MEA tersebut, agar Sulbar turut mendukung suksesnya MEA pada tahun 2015 mendatang. Agus Setiawan

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024