Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menjadikan kawasan Pegunungan Rangas yang terletak di Kelurahan Rangas Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju sebagai objek wisata baru.

"Pegunungan Rangas yang terletak berdekatan Markas Korem Taroada Tarogau (Tatag) 142 Mamuju dan kantor Gubernur Sulbar memiliki pemandangan yang sangat indah," kata penjabat Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin di Mamuju, Minggu.

Dari atas pegunungan Rangas dapat disaksikan pemandangan laut perairan Sulawesi, serta pulau Karampuang yang terletak di depan Kabupaten Mamuju.

Selain itu dapat pula disaksikan deretan alam yang luas serta pegunungan yang berjejer rapi dan indah maupun pemandangan kota Mamuju yang tampak dari atas gunung itu.

"Untuk mencapai puncak pegunungan Rangas dapat ditempuh dengan jalan kaki sejauh dua kilometer, di atas gunung itu juga terdapat lapangan tembak Korem 142 Mamuju, serta Padang ilalang yang sangat indah," katanya.

Menurut dia, pemandangan di atas pegunungan Rangas, merupakan pemandangan terindah yang pernah ditemuinya diseluruh Indonesia.

"Saya pernah ke Papua dan Ambon, tapi masih kalah indah dibandingkan pegunungan Rangas ini, sehingga akan semakin dipercantik dengan menanam pohon sukun sebagai upaya penghijauan," katanya.

Ia mengatakan, sekitar 5000 pohon sukun telah ditanam di atas gunung tersebut, agar semakin menarik bagi wisatawan yang datang berkunjung.

"Tanaman sukun akarnya sangat kuat menyerap air, sehingga dapat mencegah longsor dan bisa menjadi sumber kehidupan, sehingga ditanam di gunung itu," katanya.

Gubernur mengatakan, Pemprov Sulbar akan membenahi dan menambah fasilitas di pegunungan Rangas yang kedepannya akan lebih dikenal dengan nama "Bukit Sukun".

"Akan dibangun toilet, serta tempat sampah, kemudian akan diperbaiki jalan menuju gunung itu pada tahap awal, dan selanjutnya akan dibangun fasilitas lainnya sehingga pengunjung yang melakukan wisata dapat merasa aman dan nyaman," katanya.
Penjabat Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin mengunjungi pegunungan Rangas yang terletak di Kelurahan Rangas Kecamatan Simboro sebagai objek wisata baru di Kabupaten Mamuju, Sabtu (13/7/2024) ANTARA Foto/HO Humas Pemprov Sulbar

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024