Makassar (ANTARA) - Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyerahkan bantuan bibit padi dan pupuk saat menghadiri syukuran panen para petani dan warga Desa Lampenai, Kecamatan Wotu.

"Panen kali ini melimpah dan kita mengucap syukur dan mengapresiasi atas panen raya padi warga Desa Lampenai sebagai bagian dari kontribusi nyata para petani dalam peningkatan produksi dan produktivitas pertanian di Luwu Timur," ujarnya melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Selasa.

Bupati mengatakan pada 2024 ini alokasi anggaran pertanian mencapai Rp82 miliar yang diperuntukkan bagi berbagai kebutuhan seperti pupuk, bibit unggul, alsintan dan pembangunan jalan tani.

Budiman menyatakan anggaran itu jumlahnya akan terus bertambah setiap tahunnya karena potensi sektor pertanian di Luwu Timur yang cukup menjanjikan selain sektor tambang.

“Hal tersebut bertujuan sebagai stimulan dalam menghasilkan panen yang melimpah dan berkualitas baik," katanya.

Bupati juga menyampaikan, terkait dengan semakin luasnya lahan padi di Desa Lampenai, maka tahun depan akan diupayakan pengadaan alsintan "combine" atau mesin panen padi di Desa Lampenai guna meningkatkan efisiensi panen raya dan kualitas padi yang maksimal.

“Kegiatan hari ini merupakan ungkapan rasa syukur kita juga sebagai bagian dari persatuan dan kolaborasi memajukan kesejahteraan masyarakat di Luwu Timur dan di desa Lampenai pada khususnya," terangnya.

Setelah menyampaikan sambutannya, Bupati secara simbolis menyerahkan bantuan bibit padi unggul dan pupuk organik kepada perwakilan kelompok tani dan dilanjutkan dengan menyaksikan balap ojek gabah yang memperebutkan hadiah utama sepeda motor dan hadiah menarik lainnya.


Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024