Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan memberikan bantuan pembangunan jalan long segmen Rantepao-Saddang, Toraja Utara, senilai Rp6,5 miliar

Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh  mengatakan bantuan itu diberikan bersama bantuan lainnya yakni bantuan keuangan Rp630 juta untuk forkopimcam, sektor kehutanan (agro forestry) Rp150 juta dan bantuan penanganan stunting dan gizi buruk sebesar Rp225 juta.

"Ini direalisasikan tahun 2024 ini," katanya pada momentum peringatan Hari Jadi Ke-16 Tahun Toraja Utara di Lapangan Bakti, Rantepao, Toraja Utara, Senin.

Selain pemberian bantuan, Prof Zudan juga melakukan penandatanganan prasasti berupa pembangunan toilet beserta sanitasi, ruang organisasi, ruang guru dan ruang bimbingan konseling SMAN 8 Toraja Utara.


Sementara Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, menyampaikan ucapan selamat datang dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Toraja Utara atas kedatangan Pj Gubernur Prof Zudan.

Ia menyampaikan usulan masyarakat Toraja Utara, bahwa bulan November 2024 dijadwalkan datang ribuan orang dalam rangka Sidang Raya Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) diselenggarakan di Toraja Utara.

Sebagai tuan rumah, kata dia, diharapkan agar jalan dari Kabupaten Enrekang yang masih sering terjadi longsor dibantu pembangunannya.

"Diharapkan menjadi perhatian, karena sampai tadi malam juga masih macet di sana. Semoga lancar, karena pesawat dari Makassar terbatas kapasitasnya," ujarnya.

Selanjutnya Bupati menyampaikan, Toraja daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya, siap menyambut para pengunjung. Selain menikmati panorama alam yang memukau, wisatawan juga dapat membawa pulang aneka oleh-oleh khas Toraja sebagai kenang-kenangan dari perjalanan.

"Kunjungi Toraja, nikmati keindahan alam dan belanja oleh-oleh khas" katanya.*


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024