Makassar (ANTARA) - Teman Bus Trans Mamminasata yang merupakan program Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) kini hadir melayani rute perjalanan dari Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Tamalanrea dan Kampus Unhas Gowa, Sulsel.

Dekan Fakultas Teknik Unhas Prof Dr Eng Muhammad Isran Ramli MT IPM ASEAN.Eng, di Makassar, Sabtu, mengatakan kehadiran Teman Bus merupakan bagian dari upaya menyediakan fasilitas transportasi yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi seluruh sivitas akademika.

"Kami berharap layanan ini dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas mahasiswa. Sekaligus menjadi penghubung atau konektivitas Kampus Unhas Gowa dan Kampus Tamalanrea," kata Prof Isran pada pengoperasian perdana Teman Bus yang dihadiri Kepala Biro Umum Unhas dan Direktur Perencanaan Unhas serta Dishub Sulsel dan Kota Makassar.

Ia menjelaskan, kehadiran Teman Bus di Kampus Unhas diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas serta mendukung lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Teman Bus menyediakan rute yang strategis dan dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan mobilitas komunitas Unhas. Terdapat beberapa jalur yang melintasi berbagai titik penting di dalam kampus.

Jam operasional mulai pukul 04.00-22.00 WITA setiap harinya. Menggunakan dua koridor yakni koridor 2 (K2) dengan jumlah 10 unit dan koridor 5 (K5) berjumlah 17 unit.

Koridor 2 (K2) melayani rute: Kampus Unhas Tamalanrea-Mal Panakukang-Kampus Teknik Unhas di Gowa (PP) dan Koridor 5 (K5) melayani rute Kampus Unhas Tamalanrea-Bandara Sultan Hasanuddin-Stasiun Kereta Api Mandai (PP).

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024