Makassar (ANTARA) - Asosiasi Praktisi Pendinginan dan Tata Udara Indonesia (APITU) menjajaki kolaborasi pelatihan tenaga kerja dengan Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan untuk menyukseskan program 10.000 pelatihan keterampilan (life skill).

Wakil Ketua Umum DPP APITU Regional Indonesia Timur Hasanuddin saat menemui Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Selasa, mengatakan penjajakan kolaborasi dalam pemberian pelatihan tenaga kerja untuk menyukseskan program Pemkot Makassar yakni 10 ribu pelatihan keterampilan.

"Teman-teman ini semua memiliki usaha pendingin, jasa servis AC. Jadi bagi masyarakat yang mau belajar kita bisa buat pelatihan bekerja sama dengan pemerintah kota," ujarnya.

Pertemuan yang berlangsung di kediaman pribadi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto itu juga membahas perihal rencana Seminar dan Pameran APITU Berbagi pada 22 hingga 24 Agustus 2024.

Pihaknya antusias bekerja sama dengan Pemkot Makassar untuk menurunkan angka pengangguran di "Kota Daeng" --sebutan Kota Makassar.

Selain itu, kata dia, masing-masing pengurus memiliki karyawan sehingga peluang membuka lapangan usaha dan kerja begitu besar.

"Bagi teman-teman yang mau belajar skill ini dapat diakomodir. Intinya dapat membantu pemerintah dalam membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran," katanya.

Dalam seminar dan pameran "APITU Berbagi" itu, pihaknya mengajak wali kota untuk ikut dalam acara yang akan menghadirkan 600 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia dengan dipusatkan di Balai Manunggal, Makassar.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengapresiasi kegiatan tersebut.

Dia mengakui peran APITU sejalan dengan Pemkot Makassar dalam menambah keterampilan tenaga kerja.

Oleh karena itu, dia berharap, asosiasi itu terus menjalin sinergisitas agar memberikan dampak positif di Kota Makassar.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024